- Berorientasi pada capaian pembelajaran (CP)
- Mengakomodasi pembelajaran berdiferensiasi
- Mengembangkan kompetensi dan karakter siswa
- Mengutamakan pembelajaran aktif, bermakna, dan kontekstual
- Fleksibel serta bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi siswa
Modul ajar bisa disusun oleh guru, sekolah, atau diadaptasi dari contoh yang diberikan oleh Kemendikbudristek.
🧱 Struktur Modul Ajar Kelas 5 SD/MI
1. Informasi Umum
| Komponen | Penjelasan |
|---|---|
| Identitas Modul | Nama mata pelajaran, kelas, fase, tema/subtema/topik, dan alokasi waktu. |
| Kompetensi Awal | Pengetahuan dan keterampilan dasar yang perlu dimiliki siswa sebelum belajar topik ini. |
| Profil Pelajar Pancasila | Nilai-nilai yang ditanamkan seperti: bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, dll. |
| Sarana dan Prasarana | Alat bantu pembelajaran: buku siswa, alat tulis, media digital, bahan praktik, dll. |
| Target Peserta Didik | Siswa Kelas 5 SD (Fase C), usia ±10–11 tahun, dengan kemampuan berpikir abstrak yang berkembang. |
| Model Pembelajaran | Tematik integratif, project-based learning, problem-based learning, inkuiri, dll. |
2. Komponen Inti
| Komponen | Penjelasan |
|---|---|
| Tujuan Pembelajaran | Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan CP dan ATP. |
| Pemahaman Bermakna | Makna penting yang harus dipahami dan dibawa siswa dari pembelajaran. |
| Pertanyaan Pemantik | Pertanyaan yang menantang dan merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap topik. |
| Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah pembelajaran yang meliputi pembukaan, inti, dan penutup. |
| Asesmen | Teknik dan instrumen penilaian (diagnostik, formatif, sumatif), rubrik, catatan anekdot, refleksi, dll. |
3. Lampiran (Opsional)
- LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
- Rubrik penilaian
- Glosarium
- Bahan bacaan pendukung
- Daftar alat dan bahan
🧠 Karakteristik Modul Ajar Kelas 5 SD
1. Kecakapan Berpikir Tingkat Lanjut Mulai Berkembang
- Siswa mulai dapat menganalisis, menyimpulkan, membuat argumen, dan menilai informasi
- Modul dirancang agar siswa dapat membaca kritis, memecahkan masalah numerik, dan menggunakan data dalam berbagai konteks.
3. Pembelajaran Kontekstual dan Terintegrasi
- Materi dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa, baik lokal maupun global.
- Setiap kegiatan menguatkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila seperti peduli, toleran, dan bertanggung jawab.
- Guru memberikan variasi pendekatan berdasarkan kebutuhan belajar individu: minat, kesiapan, dan gaya belajar.
📝 Contoh Modul Ajar Kelas 5 SD – Tema: Keanekaragaman Hayati di Indonesia
🌟 Identitas Modul
- Mata Pelajaran: IPA dan Bahasa Indonesia
- Kelas/Fase: Kelas 5 / Fase C
- Tema/Subtema: Keanekaragaman Hayati di Indonesia
- Alokasi Waktu: 4 x 40 menit
🎯 Kompetensi Awal
- Siswa memahami pengertian tumbuhan dan hewan serta habitatnya.
- Siswa mampu menulis teks deskriptif sederhana.
🎓 Profil Pelajar Pancasila
- Peduli lingkungan
- Bernalar kritis
- Kreatif
📍 Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi jenis keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar.
- Siswa mampu menyusun teks deskripsi tentang satu spesies tumbuhan atau hewan lokal.
💬 Pemahaman Bermakna
- Keanekaragaman hayati adalah kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.
❓ Pertanyaan Pemantik
- Apa hewan atau tumbuhan khas dari daerah tempat tinggalmu?
- Apa yang terjadi jika satu jenis makhluk hidup punah?
🧩 Kegiatan Pembelajaran
- Menonton video dokumenter singkat tentang hutan hujan tropis Indonesia.
- Diskusi kelompok: membandingkan jenis flora dan fauna antar daerah.
- Menggambar dan menulis deskripsi tentang satu tumbuhan/hewan khas daerah.
- Presentasi mini proyek: “Makhluk Hidup di Sekitarku”
📝 Asesmen
- Lembar observasi kerja sama dan presentasi
- Rubrik penilaian teks deskripsi
- Refleksi tertulis: “Apa satu hal yang kamu pelajari tentang menjaga lingkungan?”
📎 Lampiran
- LKPD pengamatan flora/fauna lokal
- Rubrik menulis deskripsi
- Referensi pustaka tambahan
✅ Kesimpulan
Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD/MI adalah panduan pembelajaran yang:
- Membantu guru merancang pembelajaran aktif dan bermakna
- Menyelaraskan kegiatan dengan capaian pembelajaran dan nilai karakter
- Menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa
- Mendorong keterlibatan siswa secara emosional, sosial, dan kognitif
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
MODUL AJAR KELAS 5 SD
- Modul Ajar Matematika
- Modul Ajar Bahasa Indonesia
- Modul Ajar IPAS
- Modul Ajar PKn
- Modul Ajar PAI
- Modul Ajar PJOK
- Modul Ajar SBK
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
