Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD/MI


Modul Ajar
adalah perangkat ajar yang dirancang untuk memandu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang:

  • Berorientasi pada capaian pembelajaran (CP)
  • Mengakomodasi pembelajaran berdiferensiasi
  • Mengembangkan kompetensi dan karakter siswa
  • Mengutamakan pembelajaran aktif, bermakna, dan kontekstual
  • Fleksibel serta bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi siswa

Modul ajar bisa disusun oleh guru, sekolah, atau diadaptasi dari contoh yang diberikan oleh Kemendikbudristek.


🧱 Struktur Modul Ajar Kelas 5 SD/MI

1. Informasi Umum

KomponenPenjelasan
Identitas ModulNama mata pelajaran, kelas, fase, tema/subtema/topik, dan alokasi waktu.
Kompetensi AwalPengetahuan dan keterampilan dasar yang perlu dimiliki siswa sebelum belajar topik ini.
Profil Pelajar PancasilaNilai-nilai yang ditanamkan seperti: bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, dll.
Sarana dan PrasaranaAlat bantu pembelajaran: buku siswa, alat tulis, media digital, bahan praktik, dll.
Target Peserta DidikSiswa Kelas 5 SD (Fase C), usia ±10–11 tahun, dengan kemampuan berpikir abstrak yang berkembang.
Model PembelajaranTematik integratif, project-based learning, problem-based learning, inkuiri, dll.

2. Komponen Inti

KomponenPenjelasan
Tujuan PembelajaranTujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan CP dan ATP.
Pemahaman BermaknaMakna penting yang harus dipahami dan dibawa siswa dari pembelajaran.
Pertanyaan PemantikPertanyaan yang menantang dan merangsang rasa ingin tahu siswa terhadap topik.
Kegiatan PembelajaranLangkah-langkah pembelajaran yang meliputi pembukaan, inti, dan penutup.
AsesmenTeknik dan instrumen penilaian (diagnostik, formatif, sumatif), rubrik, catatan anekdot, refleksi, dll.

3. Lampiran (Opsional)

  • LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
  • Rubrik penilaian
  • Glosarium
  • Bahan bacaan pendukung
  • Daftar alat dan bahan


🧠 Karakteristik Modul Ajar Kelas 5 SD

1. Kecakapan Berpikir Tingkat Lanjut Mulai Berkembang

  • Siswa mulai dapat menganalisis, menyimpulkan, membuat argumen, dan menilai informasi

2. Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi
  • Modul dirancang agar siswa dapat membaca kritis, memecahkan masalah numerik, dan menggunakan data dalam berbagai konteks.

3. Pembelajaran Kontekstual dan Terintegrasi

  • Materi dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa, baik lokal maupun global.

4. Berbasis Nilai dan Karakter
  • Setiap kegiatan menguatkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila seperti peduli, toleran, dan bertanggung jawab.
5. Diferensiasi dalam Pembelajaran
  • Guru memberikan variasi pendekatan berdasarkan kebutuhan belajar individu: minat, kesiapan, dan gaya belajar.

📝 Contoh Modul Ajar Kelas 5 SD – Tema: Keanekaragaman Hayati di Indonesia

🌟 Identitas Modul

  • Mata Pelajaran: IPA dan Bahasa Indonesia
  • Kelas/Fase: Kelas 5 / Fase C
  • Tema/Subtema: Keanekaragaman Hayati di Indonesia
  • Alokasi Waktu: 4 x 40 menit

🎯 Kompetensi Awal

  • Siswa memahami pengertian tumbuhan dan hewan serta habitatnya.

  • Siswa mampu menulis teks deskriptif sederhana.

🎓 Profil Pelajar Pancasila

  • Peduli lingkungan
  • Bernalar kritis
  • Kreatif

📍 Tujuan Pembelajaran

  • Siswa mampu mengidentifikasi jenis keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar.
  • Siswa mampu menyusun teks deskripsi tentang satu spesies tumbuhan atau hewan lokal.

💬 Pemahaman Bermakna

  • Keanekaragaman hayati adalah kekayaan alam Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Pertanyaan Pemantik

  • Apa hewan atau tumbuhan khas dari daerah tempat tinggalmu?
  • Apa yang terjadi jika satu jenis makhluk hidup punah?

🧩 Kegiatan Pembelajaran

  1. Menonton video dokumenter singkat tentang hutan hujan tropis Indonesia.
  2. Diskusi kelompok: membandingkan jenis flora dan fauna antar daerah.
  3. Menggambar dan menulis deskripsi tentang satu tumbuhan/hewan khas daerah.
  4. Presentasi mini proyek: “Makhluk Hidup di Sekitarku”

📝 Asesmen

  • Lembar observasi kerja sama dan presentasi
  • Rubrik penilaian teks deskripsi
  • Refleksi tertulis: “Apa satu hal yang kamu pelajari tentang menjaga lingkungan?”

📎 Lampiran

  • LKPD pengamatan flora/fauna lokal
  • Rubrik menulis deskripsi
  • Referensi pustaka tambahan


✅ Kesimpulan

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD/MI adalah panduan pembelajaran yang:

  • Membantu guru merancang pembelajaran aktif dan bermakna
  • Menyelaraskan kegiatan dengan capaian pembelajaran dan nilai karakter
  • Menumbuhkan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa
  • Mendorong keterlibatan siswa secara emosional, sosial, dan kognitif
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan. 

LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI  

MODUL AJAR KELAS 5 SD
  1. Modul Ajar Matematika
  2. Modul Ajar Bahasa Indonesia
  3. Modul Ajar IPAS
  4. Modul Ajar PKn
  5. Modul Ajar PAI
  6. Modul Ajar PJOK
  7. Modul Ajar SBK
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama