Modul ajar adalah perangkat ajar lengkap yang dirancang untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan:
- Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
- Pendekatan pembelajaran aktif, kontekstual, dan berdiferensiasi
- Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
- Fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa
Modul ini dapat dikembangkan oleh guru sendiri atau dimodifikasi dari contoh yang disediakan Kemendikbudristek.
🧱 Struktur Modul Ajar Kelas 4 SD
1. Informasi Umum
| Komponen | Penjelasan |
|---|---|
| Identitas Modul | Nama mata pelajaran, fase, kelas, tema, subtema/topik, dan alokasi waktu. |
| Kompetensi Awal | Pengetahuan dan keterampilan yang sebaiknya sudah dimiliki siswa sebelum mempelajari materi ini. |
| Profil Pelajar Pancasila | Nilai karakter yang ingin ditanamkan, seperti: mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dll. |
| Sarana dan Prasarana | Perlengkapan/media pembelajaran seperti buku, alat tulis, media visual, alat peraga, dll. |
| Target Peserta Didik | Kelas 4 SD (Fase B), berusia sekitar 9–10 tahun, mulai mampu berpikir abstrak sederhana. |
| Model Pembelajaran | Bisa berupa tematik integratif, berbasis proyek (project-based learning), inkuiri, atau berdiferensiasi. |
2. Komponen Inti
| Komponen | Penjelasan |
|---|---|
| Tujuan Pembelajaran | Dirumuskan secara jelas dan spesifik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. |
| Pemahaman Bermakna | Makna penting dari materi yang harus dibawa oleh siswa setelah pembelajaran. |
| Pertanyaan Pemantik | Pertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap topik. |
| Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah kegiatan mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. |
| Asesmen | Metode dan alat untuk menilai ketercapaian tujuan (observasi, produk, refleksi, unjuk kerja, rubrik, dll). |
3. Lampiran (Opsional)
- Lembar kerja siswa (LKPD)
- Bahan bacaan tambahan
- Rubrik penilaian
- Glosarium
- Daftar alat dan bahan
🧠 Karakteristik Modul Ajar Kelas 4 SD/MI
1. Mulai Meningkatkan Kompleksitas Berpikir- Siswa kelas 4 mulai bisa berpikir logis dan menyusun argumen sederhana.
- Modul perlu menstimulasi kemampuan analisis, bukan hanya mengingat.
2. Kegiatan Belajar Lebih Terstruktur
- Fokus pada keterampilan belajar mandiri, kerja kelompok, dan presentasi sederhana.
3. Berbasis Pengalaman dan Kontekstual
- Topik-topik dipilih yang dekat dengan kehidupan siswa, seperti perubahan lingkungan, budaya lokal, kebersihan sekolah, dll.
- Modul memfasilitasi pembentukan karakter melalui kegiatan reflektif dan kolaboratif.
- Guru menyediakan variasi tugas sesuai minat, kemampuan, dan gaya belajar siswa.
📝 Contoh Modul Ajar Kelas 4 SD – Tema: Lingkungan dan Perubahan Iklim
🌟 Identitas Modul
- Mata Pelajaran: IPA & Bahasa Indonesia
- Kelas/Fase: Kelas 4 / Fase B
- Tema/Subtema: Dampak Perubahan Iklim
- Alokasi Waktu: 3 x 40 menit
🎯 Kompetensi Awal
- Siswa mampu menyebutkan bentuk cuaca dan menulis laporan sederhana.
🎓 Profil Pelajar Pancasila
- Bernalar kritis
- Peduli lingkungan
- Gotong royong
📍 Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan penyebab dan dampak perubahan iklim.
- Siswa dapat menyusun teks laporan pengamatan tentang lingkungan sekitar.
💬 Pemahaman Bermakna
- Setiap orang punya peran dalam menjaga bumi dari kerusakan.
❓ Pertanyaan Pemantik
- Apa yang kamu rasakan jika suhu semakin panas setiap tahun?
- Mengapa hujan deras bisa menyebabkan banjir?
🧩 Kegiatan Pembelajaran
- Diskusi video singkat tentang perubahan iklim.
- Siswa mengamati dan mencatat kondisi cuaca dan suhu sekitar sekolah selama seminggu.
- Menulis laporan pengamatan dan menempel di majalah dinding kelas.
- Refleksi kelas: "Apa satu hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk bumi?"
📝 Asesmen
- Laporan pengamatan: kelengkapan, isi, dan keterbacaan.
- Observasi diskusi kelompok.
- Rubrik penilaian keterampilan menulis.
- Refleksi tertulis: "Aku peduli lingkungan dengan cara..."
📎 Lampiran
- Format laporan pengamatan cuaca
- Rubrik menulis teks laporan
- Gambar dan infografis dampak iklim
✅ Kesimpulan
Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD:
- Merancang pembelajaran kontekstual dan bermakna
- Fokus pada penguatan karakter dan keterampilan abad 21
- Mendorong siswa menjadi pembelajar aktif, mandiri, dan reflektif
- Disusun secara fleksibel sesuai kebutuhan siswa dan kondisi sekolah
Tags
SD
