Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD/MI


Modul ajar adalah perangkat ajar lengkap yang dirancang untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan:

  • Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
  • Pendekatan pembelajaran aktif, kontekstual, dan berdiferensiasi
  • Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
  • Fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa

Modul ini dapat dikembangkan oleh guru sendiri atau dimodifikasi dari contoh yang disediakan Kemendikbudristek.


🧱 Struktur Modul Ajar Kelas 4 SD

1. Informasi Umum

KomponenPenjelasan
Identitas ModulNama mata pelajaran, fase, kelas, tema, subtema/topik, dan alokasi waktu.
Kompetensi AwalPengetahuan dan keterampilan yang sebaiknya sudah dimiliki siswa sebelum mempelajari materi ini.
Profil Pelajar PancasilaNilai karakter yang ingin ditanamkan, seperti: mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dll.
Sarana dan PrasaranaPerlengkapan/media pembelajaran seperti buku, alat tulis, media visual, alat peraga, dll.
Target Peserta DidikKelas 4 SD (Fase B), berusia sekitar 9–10 tahun, mulai mampu berpikir abstrak sederhana.
Model PembelajaranBisa berupa tematik integratif, berbasis proyek (project-based learning), inkuiri, atau berdiferensiasi.

2. Komponen Inti

KomponenPenjelasan
Tujuan PembelajaranDirumuskan secara jelas dan spesifik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.
Pemahaman BermaknaMakna penting dari materi yang harus dibawa oleh siswa setelah pembelajaran.
Pertanyaan PemantikPertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap topik.
Kegiatan PembelajaranLangkah-langkah kegiatan mulai dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
AsesmenMetode dan alat untuk menilai ketercapaian tujuan (observasi, produk, refleksi, unjuk kerja, rubrik, dll).

3. Lampiran (Opsional)

  • Lembar kerja siswa (LKPD)
  • Bahan bacaan tambahan
  • Rubrik penilaian
  • Glosarium
  • Daftar alat dan bahan


🧠 Karakteristik Modul Ajar Kelas 4 SD/MI

1. Mulai Meningkatkan Kompleksitas Berpikir

  • Siswa kelas 4 mulai bisa berpikir logis dan menyusun argumen sederhana.
  • Modul perlu menstimulasi kemampuan analisis, bukan hanya mengingat.

2. Kegiatan Belajar Lebih Terstruktur

  • Fokus pada keterampilan belajar mandiri, kerja kelompok, dan presentasi sederhana.

3. Berbasis Pengalaman dan Kontekstual

  • Topik-topik dipilih yang dekat dengan kehidupan siswa, seperti perubahan lingkungan, budaya lokal, kebersihan sekolah, dll.
4. Penguatan Nilai Profil Pelajar Pancasila
  • Modul memfasilitasi pembentukan karakter melalui kegiatan reflektif dan kolaboratif.
5. Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi
  • Guru menyediakan variasi tugas sesuai minat, kemampuan, dan gaya belajar siswa.

📝 Contoh Modul Ajar Kelas 4 SD – Tema: Lingkungan dan Perubahan Iklim

🌟 Identitas Modul

  • Mata Pelajaran: IPA & Bahasa Indonesia
  • Kelas/Fase: Kelas 4 / Fase B
  • Tema/Subtema: Dampak Perubahan Iklim
  • Alokasi Waktu: 3 x 40 menit

🎯 Kompetensi Awal

  • Siswa mampu menyebutkan bentuk cuaca dan menulis laporan sederhana.

🎓 Profil Pelajar Pancasila

  • Bernalar kritis
  • Peduli lingkungan
  • Gotong royong

📍 Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menjelaskan penyebab dan dampak perubahan iklim.
  • Siswa dapat menyusun teks laporan pengamatan tentang lingkungan sekitar.

💬 Pemahaman Bermakna

  • Setiap orang punya peran dalam menjaga bumi dari kerusakan.

Pertanyaan Pemantik

  • Apa yang kamu rasakan jika suhu semakin panas setiap tahun?
  • Mengapa hujan deras bisa menyebabkan banjir?

🧩 Kegiatan Pembelajaran

  1. Diskusi video singkat tentang perubahan iklim.
  2. Siswa mengamati dan mencatat kondisi cuaca dan suhu sekitar sekolah selama seminggu.
  3. Menulis laporan pengamatan dan menempel di majalah dinding kelas.
  4. Refleksi kelas: "Apa satu hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk bumi?"

📝 Asesmen

  • Laporan pengamatan: kelengkapan, isi, dan keterbacaan.
  • Observasi diskusi kelompok.
  • Rubrik penilaian keterampilan menulis.
  • Refleksi tertulis: "Aku peduli lingkungan dengan cara..."

📎 Lampiran

  • Format laporan pengamatan cuaca
  • Rubrik menulis teks laporan
  • Gambar dan infografis dampak iklim


Kesimpulan

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD:

  • Merancang pembelajaran kontekstual dan bermakna
  • Fokus pada penguatan karakter dan keterampilan abad 21
  • Mendorong siswa menjadi pembelajar aktif, mandiri, dan reflektif
  • Disusun secara fleksibel sesuai kebutuhan siswa dan kondisi sekolah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama