Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka


1. Komponen Modul Ajar

Modul ajar terdiri dari tiga komponen utama:

  • Informasi Umum: Meliputi identitas modul, kompetensi awal, profil Pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, serta target peserta didik.
  • Komponen Inti: Berisi tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan guru.
  • Lampiran: Mencakup lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka. 

2. Identitas Modul

  • Nama Penyusun:  .........................................
  • Institusi: ........................................
  • Tahun Penyusunan: 2024
  • Jenjang Sekolah: Sekolah Dasar (SD)
  • Kelas/Fase: Kelas 5 / Fase C
  • Bab: Contoh: Bab 2 – Negeriku Indonesia
  • Alokasi Waktu: Contoh: 2 x 35 menit 


3. Kompetensi Awal

Kompetensi awal mencakup pengetahuan dan keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Contohnya:

  • Memahami pengertian dan fungsi pengumuman.
  • Mengidentifikasi struktur teks pengumuman seperti judul, isi, dan penutup
  • Mengenali ciri-ciri bahasa pengumuman yang singkat, jelas, dan informatif.
  • Membaca dan memahami teks pengumuman.
  • Memiliki pengetahuan dasar tentang tata bahasa dan kosakata Bahasa Indonesia. 


4. Profil Pelajar Pancasila

Modul ini mendukung pengembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila, antara lain:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
  • Berkebinekaan global.
  • Bergotong-royong.
  • Mandiri.
  • Bernalar kritis.
  • Kreatif. 


5. Sarana dan Prasarana

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, modul ini memanfaatkan:

  • Media: Video pembelajaran, internet, Canva, buku teks (LKS dan paket)
  • Alat dan Bahan: Laptop, LCD proyektor, LKPD
  • Sumber Pembelajaran: Bahan ajar, kamus, buku bacaan digital, dan sumber lainnya yang relevan.


6. Target Peserta Didik

Modul ini dirancang untuk berbagai karakteristik peserta didik:

  • Reguler/Tipikal: Siswa yang tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi ajar.
  • Dengan Kesulitan Belajar: Siswa yang memiliki gaya belajar terbatas, kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi, kurang percaya diri, atau kesulitan berkonsentrasi.
  • Dengan Pencapaian Tinggi: Siswa yang cepat memahami materi, mampu berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.


7. Model Pembelajaran

Modul ini menerapkan model pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, seperti:

  • Tatap Muka: Pembelajaran langsung di kelas.
  • Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ): Baik daring maupun luring.
  • Blended Learning: Kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran daring.

Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, bermain peran, wawancara, dan penugasan.

Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan. 

LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI  

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS 5

  1. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 1
  2. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 2
  3. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 3
  4. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 4
  5. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 5
  6. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 6
  7. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 7
  8. MODUL AJAR BHS INDONESIA KELAS 5 BAB 8

Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama