1. Komponen Modul Ajar
Modul ajar terdiri dari tiga komponen utama:
- Informasi Umum: Meliputi identitas modul, kompetensi awal, profil Pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, serta target peserta didik.
- Komponen Inti: Berisi tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan guru.
- Lampiran: Mencakup lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka.
2. Identitas Modul
- Nama Penyusun: ..................................................................
- Institusi: ..................................................................
- Tahun Penyusunan: 2024
- Jenjang Sekolah: Sekolah Dasar (SD)
- Kelas/Fase: Kelas 5 / Fase C
- Bab: Contoh: Bab 2 – Negeriku Indonesia
- Alokasi Waktu: Contoh: 2 x 35 menit
3. Kompetensi Awal
Kompetensi awal mencakup pengetahuan dan keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Contohnya:
- Memahami pengertian dan fungsi pengumuman.
- Mengidentifikasi struktur teks pengumuman seperti judul, isi, dan penutup.
- Mengenali ciri-ciri bahasa pengumuman yang singkat, jelas, dan informatif.
- Membaca dan memahami teks pengumuman.
- Memiliki pengetahuan dasar tentang tata bahasa dan kosakata Bahasa Indonesia.
4. Profil Pelajar Pancasila
Modul ini mendukung pengembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila, antara lain:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar kritis.
- Kreatif.
5. Sarana dan Prasarana
Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, modul ini memanfaatkan:
- Media: Video pembelajaran, internet, Canva, buku teks (LKS dan paket).
- Alat dan Bahan: Laptop, LCD proyektor, LKPD.
- Sumber Pembelajaran: Bahan ajar, kamus, buku bacaan digital, dan sumber lainnya yang relevan.
6. Target Peserta Didik
Modul ini dirancang untuk berbagai karakteristik peserta didik:
- Reguler/Tipikal: Siswa yang tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi ajar.
- Dengan Kesulitan Belajar: Siswa yang memiliki gaya belajar terbatas, kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi, kurang percaya diri, atau kesulitan berkonsentrasi.
- Dengan Pencapaian Tinggi: Siswa yang cepat memahami materi, mampu berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
7. Model Pembelajaran
Modul ini menerapkan model pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, seperti:
- Tatap Muka: Pembelajaran langsung di kelas.
- Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ): Baik daring maupun luring.
- Blended Learning: Kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran daring.
Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, bermain peran, wawancara, dan penugasan.
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 SD
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 1
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 2
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 3
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 4
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 5
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 6
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 7
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 8
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 9
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 10
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 11
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 12
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 13
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 14
- MODUL AJAR MATEMATIKA KELAS 5 BAB 15
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
