Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka



Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka

1.Komponen Modul Ajar

Modul ajar IPAS disusun secara sistematis untuk mendukung pembelajaran yang aktif dan kontekstual. Komponen utama modul meliputi:

  • Informasi Umum: Berisi identitas modul, kompetensi awal, profil Pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, serta target peserta didik.
  • Komponen Inti: Mencakup tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, kegiatan pembelajaran, asesmen, pengayaan dan remedial, serta refleksi peserta didik dan guru.
  • Lampiran: Berupa lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka.


2. Identitas Modul

Modul ajar IPAS Kelas 5 disusun oleh pendidik dari berbagai institusi pendidikan dasar. Sebagai contoh, modul dengan topik "Bumiku Sayang, Bumiku Malang" disusun oleh Siska Dian Pratiwi, S.Pd., dari SDN Srondol Wetan 05 pada tahun pelajaran 2023/2024. Modul ini ditujukan untuk kelas 5 (Fase C) dengan alokasi waktu 2 kali pertemuan (6 JP x 35 menit) pada semester 2.


3. Kompetensi Awal

Kompetensi awal adalah pengetahuan dan keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Misalnya, sebelum mempelajari topik tentang keanekaragaman hayati, siswa diharapkan telah memahami konsep dasar ekosistem dan pentingnya menjaga lingkungan. 


4. Profil Pelajar Pancasila

Modul ajar IPAS mendukung pengembangan dimensi Profil Pelajar Pancasila, seperti:

  • Mandiri: Siswa diharapkan mampu belajar secara mandiri dan bertanggung jawab terhadap proses belajarnya.
  • Gotong Royong: Pembelajaran dirancang untuk mendorong kerja sama antar siswa dalam menyelesaikan tugas atau proyek.
  • Bernalar Kritis: Siswa dilatih untuk berpikir kritis dalam menganalisis informasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran.


5. Sarana dan Prasarana

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, modul ini memanfaatkan:

  • Media: Video pembelajaran, internet, dan buku teks.
  • Alat dan Bahan: Laptop, proyektor, HP/gadget, jaringan internet, alat bantu audio (speaker), papan tulis, dan alat tulis kantor (ATK).


6. Target Peserta Didik

Modul ini dirancang untuk peserta didik kelas 5 SD dengan berbagai karakteristik, termasuk:

  • Reguler/Tipikal: Siswa yang tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi ajar.
  • Dengan Kesulitan Belajar: Siswa yang memiliki gaya belajar terbatas, kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi, kurang percaya diri, atau kesulitan berkonsentrasi.
  • Dengan Pencapaian Tinggi: Siswa yang cepat memahami materi, mampu berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.


7. Model Pembelajaran

Modul ajar IPAS menerapkan model pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, seperti:

  • Tatap Muka: Pembelajaran langsung di kelas.
  • Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ): Baik daring maupun luring.
  • Blended Learning: Kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran daring.

Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, bermain peran, wawancara, dan penugasan.


8. Materi Pokok

Materi pokok yang terdapat dalam modul ajar IPAS kelas 5 meliputi:

  1. Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi
  2. Harmoni dalam Ekosistem
  3. Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan
  4. Ayo Berkenalan dengan Bumi Kita
  5. Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh
  6. Indonesiaku Kaya Raya
  7. Daerahku Kebanggaanku
  8. Bumiku Sayang, Bumiku Malang


9. Strategi Pengajaran yang Efektif

Strategi utama untuk meningkatkan pemahaman siswa melibatkan penggunaan pendekatan berbasis proyek, diskusi kelompok, dan eksperimen. Misalnya, siswa dapat melakukan eksperimen sederhana untuk memahami sifat cahaya dan bunyi, atau melakukan proyek kelompok untuk memecahkan masalah lingkungan di sekitar mereka.


10. Asesmen

Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga pada proses pembelajaran. Modul ajar IPAS menyediakan berbagai instrumen asesmen yang dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa, seperti observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. 

Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan. 

LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI  

Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 5 SD 

  1. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 1
  2. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 2
  3. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 3
  4. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 4
  5. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 5
  6. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 6
  7. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 7
  8. MODUL AJAR IPAS KELAS 5 BAB 8

Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama