DOWNLOAD RPP PEMBELAJARAN MENDALAM SMA KELAS 11

RPP PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

SMA Kelas XI – 1 Pertemuan (2 × 45 menit)

Tema: Menganalisis Isu Kompleks & Membangun Solusi Kreatif


A. Capaian Pembelajaran (CP)

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi isu tingkat menengah–kompleks yang muncul di lingkungan sosial, sains, teknologi, ataupun pembelajaran.

  2. Melakukan analisis mendalam menggunakan data, logika, dan perspektif kritis.

  3. Mengembangkan lebih dari satu alternatif solusi yang kreatif, realistis, dan argumentatif.

  4. Menyampaikan ide secara runtut, jelas, dan berbasis bukti.

  5. Berkolaborasi dalam kelompok untuk menghasilkan gagasan yang lebih matang.


B. Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pertemuan, siswa dapat:

  1. Menjelaskan karakteristik “isu kompleks” dan cara menganalisisnya.

  2. Mengumpulkan data sederhana dari beberapa sumber (artikel, observasi, wawancara kecil).

  3. Membuat mind map analisis yang memuat:

    • faktor penyebab

    • dampak

    • pihak terkait

    • hubungan antar-variabel

  4. Merumuskan 2–3 solusi kreatif dengan alasan kuat.

  5. Melakukan presentasi kelompok dan memberikan respon kritis terhadap kelompok lain.


C. Profil Pelajar Pancasila

  • Bernalar kritis

  • Kreatif

  • Gotong royong

  • Mandiri

  • Berkebinekaan global


D. Materi Pembelajaran

  1. Apa itu Isu Kompleks?

    • Banyak faktor penyebab

    • Melibatkan banyak pihak

    • Dampak yang luas

    • Tidak punya satu jawaban sederhana

  2. Metode Analisis Isu

    • 5W+1H

    • Analisis sebab–akibat

    • Mind mapping

    • Menggabungkan sudut pandang (multidisipliner)

  3. Membangun Solusi Kreatif

    • Brainstorming

    • Divergent thinking → convergent thinking

    • Solusi jangka pendek vs jangka panjang

    • Kriteria solusi: efektif, realistis, etis, berkelanjutan


E. Metode Pembelajaran

  • Problem-based Learning (PBL)

  • Collaborative discussion

  • Critical thinking questioning

  • Presentasi & peer-feedback


F. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 menit)

✔ Guru membuka dengan sebuah pertanyaan pemantik:

“Apa isu yang sedang ramai dibahas siswa SMA tahun ini? Mengapa sulit diselesaikan?”

✔ Menyampaikan tujuan pembelajaran dan alur kegiatan.


2. Kegiatan Inti (70 menit)

Menggunakan alur Pembelajaran Mendalam: Eksplorasi – Analisis – Kreasi – Aksi.


A. Eksplorasi Isu (15 menit)

Siswa bekerja dalam kelompok 4–5 orang.
Mereka memilih 1 isu aktual, contoh:

  • penggunaan AI di pendidikan

  • kesehatan mental remaja

  • penggunaan gawai berlebihan

  • perubahan iklim

  • literasi finansial siswa

  • lalu lintas di sekitar sekolah

Setiap kelompok mengisi lembar:

  • Apa faktanya?

  • Dari mana datanya?

  • Siapa saja pihak yang terlibat?


B. Analisis Mendalam (20 menit)

Siswa membuat Mind Map Isu Kompleks, berisi:

  • faktor penyebab utama

  • hubungan antar faktor

  • dampak jangka pendek & panjang

  • pro dan kontra

  • peran tiap pihak

Guru memandu dengan pertanyaan kritis:

  • "Apa buktinya?”

  • “Apakah ini sebab utama atau hanya gejala?”

  • “Apa pandangan alternatif?”


C. Kreasi Solusi (20 menit)

Siswa merumuskan 2–3 solusi:

  • inovatif

  • berdasarkan data

  • mempertimbangkan etika

  • realistis untuk diterapkan

Format solusi:

  • nama solusi

  • deskripsi singkat

  • alasan mengapa efektif

  • risiko & cara mengatasinya


D. Presentasi & Tanggapan (15 menit)

✔ Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil analisisnya (3–4 menit).
✔ Kelompok lain memberikan pertanyaan kritis.
✔ Guru menilai argumentasi dan kemampuan komunikasi.


G. Asesmen

Asesmen Formatif

  • Kualitas mind map

  • Kemampuan bertanya kritis

  • Diskusi kelompok

Asesmen Sumatif

  • Presentasi analisis isu

  • Produk solusi tertulis (1 halaman)
    Rubrik menilai:

  1. Kedalaman analisis

  2. Kualitas bukti

  3. Kreativitas solusi

  4. Kejelasan penyampaian

  5. Kerja sama


H. Diferensiasi Pembelajaran

Konten

  • Kelompok kuat: isu lebih kompleks + sumber data lebih banyak

  • Kelompok perlu dukungan: isu sehari-hari dan data sederhana

Proses

  • Bimbingan tambahan untuk siswa yang kesulitan membuat mind map

  • Kelompok campuran (heterogen) untuk kolaborasi

Produk

  • Boleh dalam bentuk:

    • poster digital

    • slide

    • tulisan analisis

    • video pendek (maks. 1 menit)


I. Media & Sumber Belajar

  • Artikel berita

  • Buku teks

  • Internet (dipilih guru)

  • Lembar kerja analisis isu

  • Kertas A3/mind map tool


J. Refleksi Guru

Setelah kegiatan, guru mengevaluasi:

  • Apakah siswa mampu berpikir analitis lebih dalam dibanding kelas sebelumnya?

  • Apa yang menjadi hambatan?

  • Bagian mana yang perlu disederhanakan atau diperkuat?



LKPD – Analisis Isu Kompleks & Solusi Kreatif

SMA Kelas XI (Kurikulum Merdeka)

Durasi: 1 pertemuan (2 × 45 menit)


A. Identitas LKPD

  • Mata Pelajaran : (isi sesuai kebutuhan, misal: PPKn / Sosiologi / Bahasa Indonesia / Informatika / Biologi)

  • Kelas/Semester : XI / Ganjil – Genap

  • Topik : Analisis Isu Kompleks

  • Fokus Deep Learning : Berpikir Kritis & Kreativitas Solusi

  • Nama Peserta Didik : ______________________

  • Kelompok : _______


B. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengerjakan LKPD ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi dan menjelaskan isu kompleks dari lingkungan sekitar.

  2. Mengumpulkan informasi relevan terkait isu tersebut.

  3. Membuat mind map analisis: faktor penyebab, dampak, pihak terlibat, hubungan sebab-akibat.

  4. Mengembangkan minimal 2 solusi kreatif dan argumentatif.

  5. Menyajikan hasil analisis dalam bentuk presentasi singkat.


C. Petunjuk Pengerjaan

  1. Bacalah setiap langkah kerja dengan saksama.

  2. Kerjakan secara berkelompok (4–5 orang).

  3. Gunakan sumber data yang akurat.

  4. Buat mind map serapi mungkin.

  5. Gunakan bahasa yang baik dan logis.

  6. Kumpulkan hasil sesuai instruksi guru.


D. Langkah Kegiatan & Tugas


1. Pemilihan Isu (10 menit)

Pilih satu isu kompleks yang relevan dengan kehidupan remaja atau kondisi masyarakat.
Contoh:

  • Penggunaan AI di sekolah

  • Kesehatan mental remaja

  • Konsumsi gawai berlebihan

  • Polusi kota

  • Pergaulan sosial

  • Ekonomi keluarga

  • Perubahan iklim

  • Literasi digital

Isu yang dipilih:



Alasan memilih isu tersebut:




2. Pengumpulan Fakta & Informasi (10–15 menit)

Tuliskan data atau fakta pendukung dari sumber minimal 2 referensi (artikel, observasi, wawancara singkat).

Informasi Penting Sumber Data
1. __________________________________ _______________________________
2. __________________________________ _______________________________
3. __________________________________ _______________________________
4. __________________________________ _______________________________

Ringkasan fakta utama:




3. Analisis Penyebab – Dampak – Pihak Terkait (Mind Map) (20 menit)

Buat mind map di bawah ini (atau pada kertas A3). Sertakan:

  • Penyebab utama

  • Penyebab tambahan

  • Dampak jangka pendek & panjang

  • Pihak yang terlibat

  • Hubungan antar faktor

(Guru bisa meminta siswa menggambar di kertas A3)

Mind Map dibuat di:
☐ Kotak bawah ini
☐ Kertas terpisah


4. Rumusan Masalah (5 menit)

Tuliskan minimal satu pertanyaan utama yang menggambarkan isu kompleks tersebut.

Rumusan masalah:




5. Pengembangan Solusi Kreatif (15 menit)

Rumuskan dua atau tiga solusi yang kreatif, realistis, dan berdasarkan data.

Solusi 1:

Nama Solusi: ____________________________________
Penjelasan:


Alasan Efektif:


Risiko & Pengendalian:



Solusi 2:

Nama Solusi: ____________________________________
Penjelasan:


Alasan Efektif:


Risiko & Pengendalian:



Solusi 3 (opsional):

Nama Solusi: ____________________________________
Penjelasan:


Alasan Efektif:


Risiko & Pengendalian:



6. Kesimpulan Kelompok (5 menit)

Tuliskan ringkasan analisis dan solusi Anda.






7. Persiapan Presentasi (5 menit)

Buat rangkuman 3 poin utama untuk dipresentasikan.





E. Penilaian (Rubrik Singkat)

Guru dapat menilai berdasarkan kriteria berikut:

Aspek Skor Maks Deskripsi
Identifikasi isu 20 Jelas, relevan, dan kompleks
Kualitas data 20 Sumber valid, informasi akurat
Analisis & mind map 25 Mendalam, memuat hubungan sebab-akibat
Solusi kreatif 25 Realistis, inovatif, argumentatif
Presentasi 10 Komunikatif & runtut

F. Refleksi Individu (Opsional)

Tuliskan apa pelajaran penting yang kamu dapatkan dari kegiatan ini.








“Kalau kamu suka artikel ini, jangan lupa bagikan ke rekan dan teman-teman!”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama