DOWNLOAD RPP PEMBELAJARAN MENDALAM SMA KELAS 10

RPP PEMBELAJARAN MENDALAM

SMA KELAS 10

Tema: Bangun Pemikiran Kritis dan Jati Diri Siswa Sejak Awal SMA

Durasi: 2 × 45 menit


A. Capaian Pembelajaran (CP)

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi persoalan nyata di sekitar kehidupan mereka (sekolah, rumah, lingkungan).

  2. Menunjukkan kemampuan berpikir kritis melalui analisis, bertanya, dan memberi alasan logis.

  3. Membangun kesadaran diri (self-awareness) terkait nilai, minat, gaya belajar, dan karakter pribadi.

  4. Menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan secara reflektif dan terstruktur.


B. Tujuan Pembelajaran

Di akhir sesi, siswa dapat:

  1. Menjelaskan apa itu “pemikiran kritis” dan perannya bagi remaja SMA.

  2. Mengidentifikasi satu isu kecil sehari-hari dan menjelaskan alasan mengapa isu itu penting.

  3. Mengisi Self-Identity Exploration Sheet untuk memahami diri (minat, kekuatan, tantangan).

  4. Melakukan diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil analisis secara logis dan sopan.

  5. Menuliskan refleksi pribadi tentang “Siapa saya hari ini, dan apa yang ingin saya capai di SMA?”


C. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

  • Bernalar kritis

  • Beriman & berakhlak mulia

  • Mandiri

  • Kreatif

  • Berkebinekaan global

  • Gotong royong


D. Materi Pembelajaran

  1. Pemikiran Kritis untuk Pemula SMA

    • Cara bertanya yang baik

    • Melihat fakta vs opini

    • Menganalisis sebab–akibat

    • Membuat kesimpulan sederhana

  2. Pengenalan Jati Diri

    • Memahami minat, bakat, emosi

    • Gaya belajar dan kekuatan diri

    • Nilai pribadi

    • Membangun tujuan jangka pendek & panjang

  3. Aplikasi dalam Kehidupan

    • Contoh masalah sederhana di sekolah

    • Cara menyampaikan pendapat dengan sopan

    • Berkolaborasi dalam kelompok


E. Metode Pembelajaran

  • Diskusi kelompok

  • Problem exploration

  • Penugasan reflektif

  • Presentasi singkat

  • Coaching 1–1 mini (jika waktu memungkinkan)


F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 menit)

✔ Guru memberi ice-breaking: “Jika kamu bisa mengubah satu hal kecil di sekolah, apa itu?”
✔ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
✔ Penjelasan singkat tentang pentingnya berpikir kritis & memahami jati diri sejak awal SMA.


2. Kegiatan Inti (70 menit)

Menggunakan pendekatan Merdeka Belajar – Pembelajaran Mendalam (Deep Learning).


A. Eksplorasi Masalah (20 menit)

Siswa bekerja berpasangan:

  1. Menuliskan 1 isu kehidupan nyata (contoh: tugas menumpuk, ruang kelas panas, pola tidur tidak teratur).

  2. Mengisi lembar:

    • Apa faktanya?

    • Apa opininya?

    • Apa penyebabnya?

    • Apa dampaknya bagi diri/kelompok?

  3. Diskusi dan saling bertanya menggunakan teknik:

    • “Apa buktinya?”

    • “Mengapa ini penting?”

    • “Ada alternatif pandangan lain?”

Tujuan: melatih logika dasar + kemampuan bertanya.


B. Eksplorasi Jati Diri (25 menit)

Siswa mengisi Self-Identity Exploration Sheet:

  • 3 kekuatan diri

  • 3 kelemahan / tantangan

  • Cara belajar paling nyaman

  • Minat dan hobi

  • Nilai penting dalam hidup

  • Tujuan 6 bulan ke depan

Guru memfasilitasi diskusi ringan (tanpa menghakimi).


C. Presentasi Kelompok Mini (15 menit)

Dalam kelompok 4 orang:

  1. Masing-masing mempresentasikan isu + analisis singkat (1 menit/siswa).

  2. Anggota lain memberikan pertanyaan kritis.

  3. Guru mencontohkan cara memberi argumen logis dan mendengarkan secara aktif.


D. Refleksi Individu (10 menit)

Siswa menulis 1 paragraf:
“Siapa saya hari ini, apa kekuatan saya, dan apa yang ingin saya capai di SMA?”


G. Asesmen

Asesmen Formatif

  • Lembar analisis isu

  • Daftar pertanyaan kritis

  • Catatan observasi partisipasi diskusi

Asesmen Sumatif

  • Esai refleksi “Jati Diri dan Tujuan Saya”

  • Presentasi kelompok (alur logis, sikap, argumentasi)


H. Diferensiasi Pembelajaran

1. Konten

  • Siswa cepat → analisis masalah lebih kompleks.

  • Siswa butuh dukungan → analisis berbasis contoh sederhana.

2. Proses

  • Kelompok kecil untuk siswa introvert.

  • Diskusi lisan untuk siswa yang lebih verbal.

3. Produk

  • Refleksi bebas (tulisan/audio/video).


I. Media & Sumber Belajar

  • Kertas Self-Identity Exploration Sheet

  • Lembar analisis masalah

  • Papan tulis / slide

  • Video pendek “Apa itu cara berpikir kritis?”


J. Refleksi Guru

  • Apa bagian pelajaran yang berjalan baik?

  • Apakah siswa menunjukkan pemikiran kritis?

  • Apakah semua siswa bisa mengungkapkan jati diri mereka?

  • Apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan berikutnya?

“Kalau artikel ini bermanfaat, bagikan ke rekan guru lainnya agar semakin banyak yang melek teknologi!”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama