RPP PEMBELAJARAN MENDALAM
SMA KELAS 10
Tema: Bangun Pemikiran Kritis dan Jati Diri Siswa Sejak Awal SMA
Durasi: 2 × 45 menit
A. Capaian Pembelajaran (CP)
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
-
Mengidentifikasi persoalan nyata di sekitar kehidupan mereka (sekolah, rumah, lingkungan).
-
Menunjukkan kemampuan berpikir kritis melalui analisis, bertanya, dan memberi alasan logis.
-
Membangun kesadaran diri (self-awareness) terkait nilai, minat, gaya belajar, dan karakter pribadi.
-
Menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan secara reflektif dan terstruktur.
B. Tujuan Pembelajaran
Di akhir sesi, siswa dapat:
-
Menjelaskan apa itu “pemikiran kritis” dan perannya bagi remaja SMA.
-
Mengidentifikasi satu isu kecil sehari-hari dan menjelaskan alasan mengapa isu itu penting.
-
Mengisi Self-Identity Exploration Sheet untuk memahami diri (minat, kekuatan, tantangan).
-
Melakukan diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil analisis secara logis dan sopan.
-
Menuliskan refleksi pribadi tentang “Siapa saya hari ini, dan apa yang ingin saya capai di SMA?”
C. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan
-
Bernalar kritis
-
Beriman & berakhlak mulia
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Berkebinekaan global
-
Gotong royong
D. Materi Pembelajaran
-
Pemikiran Kritis untuk Pemula SMA
-
Cara bertanya yang baik
-
Melihat fakta vs opini
-
Menganalisis sebab–akibat
-
Membuat kesimpulan sederhana
-
-
Pengenalan Jati Diri
-
Memahami minat, bakat, emosi
-
Gaya belajar dan kekuatan diri
-
Nilai pribadi
-
Membangun tujuan jangka pendek & panjang
-
-
Aplikasi dalam Kehidupan
-
Contoh masalah sederhana di sekolah
-
Cara menyampaikan pendapat dengan sopan
-
Berkolaborasi dalam kelompok
-
E. Metode Pembelajaran
-
Diskusi kelompok
-
Problem exploration
-
Penugasan reflektif
-
Presentasi singkat
-
Coaching 1–1 mini (jika waktu memungkinkan)
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (10 menit)
✔ Guru memberi ice-breaking: “Jika kamu bisa mengubah satu hal kecil di sekolah, apa itu?”
✔ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
✔ Penjelasan singkat tentang pentingnya berpikir kritis & memahami jati diri sejak awal SMA.
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Menggunakan pendekatan Merdeka Belajar – Pembelajaran Mendalam (Deep Learning).
A. Eksplorasi Masalah (20 menit)
Siswa bekerja berpasangan:
-
Menuliskan 1 isu kehidupan nyata (contoh: tugas menumpuk, ruang kelas panas, pola tidur tidak teratur).
-
Mengisi lembar:
-
Apa faktanya?
-
Apa opininya?
-
Apa penyebabnya?
-
Apa dampaknya bagi diri/kelompok?
-
-
Diskusi dan saling bertanya menggunakan teknik:
-
“Apa buktinya?”
-
“Mengapa ini penting?”
-
“Ada alternatif pandangan lain?”
-
Tujuan: melatih logika dasar + kemampuan bertanya.
B. Eksplorasi Jati Diri (25 menit)
Siswa mengisi Self-Identity Exploration Sheet:
-
3 kekuatan diri
-
3 kelemahan / tantangan
-
Cara belajar paling nyaman
-
Minat dan hobi
-
Nilai penting dalam hidup
-
Tujuan 6 bulan ke depan
Guru memfasilitasi diskusi ringan (tanpa menghakimi).
C. Presentasi Kelompok Mini (15 menit)
Dalam kelompok 4 orang:
-
Masing-masing mempresentasikan isu + analisis singkat (1 menit/siswa).
-
Anggota lain memberikan pertanyaan kritis.
-
Guru mencontohkan cara memberi argumen logis dan mendengarkan secara aktif.
D. Refleksi Individu (10 menit)
Siswa menulis 1 paragraf:
“Siapa saya hari ini, apa kekuatan saya, dan apa yang ingin saya capai di SMA?”
G. Asesmen
Asesmen Formatif
-
Lembar analisis isu
-
Daftar pertanyaan kritis
-
Catatan observasi partisipasi diskusi
Asesmen Sumatif
-
Esai refleksi “Jati Diri dan Tujuan Saya”
-
Presentasi kelompok (alur logis, sikap, argumentasi)
H. Diferensiasi Pembelajaran
1. Konten
-
Siswa cepat → analisis masalah lebih kompleks.
-
Siswa butuh dukungan → analisis berbasis contoh sederhana.
2. Proses
-
Kelompok kecil untuk siswa introvert.
-
Diskusi lisan untuk siswa yang lebih verbal.
3. Produk
-
Refleksi bebas (tulisan/audio/video).
I. Media & Sumber Belajar
-
Kertas Self-Identity Exploration Sheet
-
Lembar analisis masalah
-
Papan tulis / slide
-
Video pendek “Apa itu cara berpikir kritis?”
J. Refleksi Guru
-
Apa bagian pelajaran yang berjalan baik?
-
Apakah siswa menunjukkan pemikiran kritis?
-
Apakah semua siswa bisa mengungkapkan jati diri mereka?
-
Apa yang perlu diperbaiki pada pertemuan berikutnya?
- Download RPM Kelas 10 Bahasa Indonesia
- Download RPM Kelas 10 Pendidikan Pancasila
- Download RPM Kelas 10 Matematika
- Download RPM Kelas 10 Informatika
- Download RPM Kelas 10 PJOK
- Download RPM Kelas 10 Bahasa Inggris
- Download RPM Kelas 10 IPS Ekonomi
- Download RPM Kelas 10 IPS Geografi
- Download RPM Kelas 10 IPS Sejarah
- Download RPM Kelas 10 IPS Sosiologi
- Download RPM Kelas 10 IPA Biologi
- Download RPM Kelas 10 IPA Fisika
- Download RPM Kelas 10 IPA Kimia
- Download RPM Kelas 10 Seni Budaya
- Download RPM Kelas 10 Prakarya
- Download RPM Kelas 10 Pendidikan Agama

