DOWNLOAD RPP PEMBELAJARAN MENDALAM SMA KELAS 12

📘 RPP PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

Kelas XII – 1 Pertemuan (2 × 45 menit)

Tema: Pengambilan Keputusan Kompleks & Persiapan Kehidupan Pasca-SMA



A. Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu:

  1. Mengidentifikasi persoalan atau keputusan besar yang akan dihadapi di akhir SMA.

  2. Melakukan analisis mendalam menggunakan data, nilai pribadi, dan pertimbangan logis.

  3. Mengevaluasi beberapa alternatif pilihan dengan mempertimbangkan risiko–manfaat.

  4. Menyusun rencana tindakan (action plan) yang konkret dan realistis.

  5. Menunjukkan kemandirian berpikir serta kemampuan komunikasi argumentatif.


B. Tujuan Pembelajaran

Di akhir pembelajaran, siswa dapat:

  1. Menjelaskan contoh keputusan kompleks yang sering dihadapi remaja akhir SMA (jurusan kuliah, dunia kerja, minat-karier, manajemen finansial, memilih lingkungan, dll.).

  2. Membuat matrix analisis keputusan (keuntungan, kekurangan, risiko, nilai yang relevan).

  3. Mengembangkan strategi pemecahan masalah dan rencana aksi jangka pendek.

  4. Mempresentasikan pemikirannya secara logis, lugas, dan meyakinkan.

  5. Menulis refleksi pribadi terkait arah hidup dan tujuan pasca SMA.


C. Profil Pelajar Pancasila yang Dikembangkan

  • Bernalar kritis

  • Mandiri

  • Kreatif

  • Beriman dan berakhlak mulia

  • Bergotong royong

  • Berkebinekaan global


D. Materi Pembelajaran

  1. Konsep pengambilan keputusan kompleks

    • multi variabel

    • banyak pilihan

    • risiko tinggi

    • jangka panjang

  2. Teknik analisis keputusan

    • pro–kontra

    • cost–benefit analysis

    • risiko vs peluang

    • matriks keputusan

    • pemetaan nilai diri

  3. Life Readiness Skills

    • pemahaman diri

    • manajemen waktu

    • literasi finansial dasar

    • orientasi karier

    • komunikasi asertif


E. Metode Pembelajaran

  • Problem-based learning

  • Decision-making model

  • Diskusi kolaboratif

  • Coaching & mentoring mini

  • Presentasi argumentatif


F. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan (10 menit)

✔ Guru memberikan pertanyaan pemantik:

“Keputusan besar apa yang akan kamu hadapi setelah lulus SMA?”

✔ Menyampaikan tujuan pembelajaran.
✔ Menyelaraskan pembelajaran dengan realitas hidup siswa kelas XII.


2. Kegiatan Inti (70 menit)

Menggunakan alur pembelajaran mendalam: Eksplorasi – Analisis – Sintesis – Aksi


A. Eksplorasi Keputusan (15 menit)

Siswa memilih satu keputusan besar yang sedang atau akan dihadapi, misalnya:

  • Memilih jurusan kuliah

  • Menentukan kampus atau langsung bekerja

  • Rencana gap year

  • Pilihan karier

  • Menentukan lingkungan pergaulan

  • Mengelola uang pribadi

  • Rencana pindah kota

  • Pola hidup sehat di perkuliahan/kerja

Siswa mencatat:

  • alasan isu tersebut penting

  • dampak jangka panjang

  • faktor yang memengaruhi keputusan


B. Analisis Alternatif (20 menit)

Siswa membuat Matriks Keputusan Kompleks, memuat:

Alternatif Pilihan Keuntungan Kekurangan Risiko Nilai Pribadi yang Terlibat Sumber Informasi

Guru membimbing dengan pertanyaan kritis:

  • “Mana pilihan yang paling sesuai nilai hidupmu?”

  • “Apa risiko terdalam yang harus kamu pecahkan?”

  • “Apa data yang mendukung pilihan ini?”


C. Sintesis Solusi (15 menit)

Siswa memilih 1 pilihan yang paling rasional berdasarkan analisis.
Tugas:

  • Jelaskan alasan memilih opsi tersebut.

  • Apa bukti/data pendukung?

  • Apa yang membuatnya paling realistis?


D. Rencana Aksi (10 menit)

Siswa membuat personal action plan (jangka 3–6 bulan):

  1. Tujuan utama

  2. Langkah-langkah kecil

  3. Sumber daya yang diperlukan

  4. Hambatan & cara mengatasinya

  5. Target waktu


E. Presentasi Mini (10 menit)

Siswa mempresentasikan hasil analisis (1–2 menit/orang).
Teman lain memberi pertanyaan reflektif.


G. Asesmen

Formative Assessment

  • Proses diskusi

  • Kualitas matriks keputusan

  • Catatan analisis

  • Partisipasi

Summative Assessment

  1. Produk Matriks Keputusan Kompleks

  2. Presentasi individu

  3. Rencana aksi (action plan)

Rubrik menilai:

  • Kedalaman analisis

  • Kualitas argumentasi

  • Relevansi data

  • Kemandirian berpikir

  • Realisme perencanaan


H. Diferensiasi Pembelajaran

Konten

  • Siswa dengan kemampuan tinggi → isu lebih kompleks, analisis 3–4 alternatif.

  • Siswa dengan butuh bimbingan → isu sederhana dengan 2 alternatif.

Proses

  • Coaching mini untuk siswa yang membutuhkan dukungan berpikir.

  • Opsi diskusi kelompok kecil atau mandiri.

Produk

  • Output bisa berupa:

    • tabel matriks

    • slide

    • poster digital

    • esai pendek

    • video ringkas (≤1 menit)


I. Media & Sumber Belajar

  • Google Form / kertas kerja

  • Artikel pendidikan/karier

  • Panduan kampus / platform karier

  • Video wawancara inspiratif

  • Lembar analisis keputusan


J. Refleksi Guru

  • Apakah siswa dapat mengambil keputusan lebih terstruktur?

  • Apakah pembelajaran membantu persiapan pasca SMA?

  • Bagian mana yang perlu diperdalam pada pertemuan berikutnya?



“Kalau kamu suka artikel ini, jangan lupa bagikan ke rekan dan teman-teman!”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama