Modul Ajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka:
1. Komponen Modul Ajar
Komponen modul ajar PKn terdiri atas:
- Identitas Modul
- Kompetensi Awal
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Tujuan Pembelajaran (TP)
- Pemahaman Bermakna
- Pertanyaan Pemantik
- Profil Pelajar Pancasila
- Kegiatan Pembelajaran
- Asesmen (diagnostik, formatif, sumatif)
- Pengayaan dan Remedial
- Refleksi Guru dan Siswa
- Lampiran (LKPD, rubrik, media pendukung)
2. Identitas Modul
Contoh identitas modul:
- Satuan Pendidikan: SD Negeri Sejahtera
- Fase: C (Kelas V dan VI)
- Kelas: VI
- Mata Pelajaran: Pendidikan Pancasila (PKn)
- Topik/Subtopik: Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA)
- Alokasi Waktu: 3 JP
- Penyusun: Guru Kelas VI
3. Kompetensi Awal
Kemampuan dasar yang perlu dimiliki siswa sebelum mengikuti pembelajaran, misalnya:
- Mengetahui sila-sila Pancasila dan maknanya
- Memahami pentingnya aturan dalam kehidupan sehari-hari
- Dapat mengidentifikasi bentuk keragaman budaya dan sosial di lingkungan sekitar
4. Profil Pelajar Pancasila
Pembelajaran PKn menumbuhkan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, seperti:
- Bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia: Menghargai keragaman agama dan keyakinan
- Berkebinekaan global: Menerima perbedaan dan bekerja sama dengan berbagai latar belakang
- Bergotong royong: Saling membantu dan membangun solidaritas
- Mandiri: Bertanggung jawab atas tindakan pribadi
- Bernalar kritis: Mengkaji masalah sosial dengan analisis
- Kreatif: Menyampaikan ide dalam menyelesaikan konflik secara damai
5. Sarana dan Prasarana
Sarana:
- Buku teks PKn Kurikulum Merdeka
- LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
- Gambar pahlawan, lambang negara, simbol sila Pancasila
- Video pembelajaran interaktif
Prasarana:
- Ruang kelas yang kondusif
- Proyektor atau layar untuk menayangkan materi visual
- Papan tulis, papan flanel, alat gambar
- Akses ke perpustakaan sekolah
6. Target Peserta Didik
- Usia: Sekitar 11–12 tahun
- Karakteristik: Siswa berada pada fase akhir SD yang mulai berpikir kritis, mampu bekerja sama, dan memahami nilai-nilai moral dan sosial secara lebih dalam.
- Tujuan: Mengembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara, menghargai perbedaan, dan memahami hak serta kewajiban sebagai warga negara.
7. Model Pembelajaran
✅ Problem-Based Learning (PBL)
Siswa menyelesaikan masalah sosial (seperti konflik di sekolah) dengan solusi berbasis nilai Pancasila.
✅ Project-Based Learning (PjBL)
Membuat proyek seperti pameran budaya, poster keberagaman, atau video tentang nilai-nilai toleransi.
✅ Discovery Learning
Menemukan nilai-nilai luhur Pancasila melalui pengamatan dan studi kasus.
✅ Contextual Teaching and Learning (CTL)
Materi dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari siswa, seperti menghormati teman berbeda agama atau budaya.
✅ Kooperatif (Jigsaw, Think Pair Share)
Bekerja dalam kelompok membahas tugas tentang kewarganegaraan dan membagikan hasilnya ke kelas.
Contoh Tujuan Pembelajaran dan Aktivitas
| Topik | Tujuan Pembelajaran | Aktivitas Siswa |
|---|---|---|
| Keberagaman di Indonesia | Menghargai keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan | Membuat kolase budaya Indonesia |
| Peran Warga Negara | Menjelaskan peran dan tanggung jawab sebagai warga negara | Simulasi musyawarah kelas |
| Pancasila Sebagai Dasar Negara | Menjelaskan makna sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | Membuat jurnal pribadi praktik sila-sila Pancasila |
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
Modul Ajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 6 SD
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
