Modul Ajar Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka:
1. Komponen Modul Ajar
Komponen utama dalam modul ajar Matematika Kelas 6 SD mencakup:
- Identitas Modul
- Kompetensi Awal
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Tujuan Pembelajaran (TP)
- Pemahaman Bermakna
- Pertanyaan Pemantik
- Profil Pelajar Pancasila
- Kegiatan Pembelajaran
- Asesmen (diagnostik, formatif, sumatif)
- Pengayaan dan Remedial
- Refleksi Guru dan Siswa
- Lampiran (LKPD, rubrik penilaian, dll)
2. Identitas Modul
Contoh isi identitas modul ajar:
- Satuan Pendidikan: SDN Tunas Bangsa
- Fase: C (Kelas V dan VI)
- Mata Pelajaran: Matematika
- Kelas: VI
- Topik/Submateri: Operasi Hitung Pecahan
- Alokasi Waktu: 4 JP
- Penyusun: Guru Matematika Kelas 6
3. Kompetensi Awal
Kompetensi yang perlu dimiliki siswa sebelum memulai pembelajaran:
- Mengerti dasar operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian)
- Mampu memahami pecahan sederhana
- Dapat menyelesaikan soal kontekstual sederhana
4. Profil Pelajar Pancasila
Modul ini mendukung pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, seperti:
- Bernalar kritis: Menganalisis soal dan strategi penyelesaian
- Kreatif: Menemukan berbagai cara menyelesaikan soal
- Mandiri: Mengelola pembelajaran secara bertanggung jawab
- Bergotong-royong: Kerja kelompok dalam proyek atau diskusi
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME: Menghargai keteraturan dan keadilan dalam matematika
5. Sarana dan Prasarana
Sarana:
- Buku teks Matematika Kurikulum Merdeka
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
- Media visual seperti pecahan konkret (kertas lipat, blok pecahan)
- Alat tulis dan kalkulator sederhana (opsional)
Prasarana:
- Ruang kelas yang nyaman
- Papan tulis dan spidol
- Proyektor/LCD (jika ada)
- Pojok Matematika (sumber belajar tambahan)
6. Target Peserta Didik
- Usia: 11–12 tahun
- Kondisi awal: Memiliki kemampuan numerasi dasar dan pemahaman awal tentang pecahan, desimal, dan geometri
- Tujuan: Siswa mampu menerapkan konsep dan strategi matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual.
7. Model Pembelajaran
✅ Problem-Based Learning (PBL)
- Siswa menyelesaikan soal cerita atau situasi nyata seperti belanja, jarak, waktu, dan sebagainya.
✅ Discovery Learning
- Siswa mengeksplorasi konsep melalui aktivitas dan eksperimen sederhana.
✅ Contextual Teaching and Learning (CTL)
- Materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
✅ Project-Based Learning (PjBL)
- Membuat proyek sederhana, seperti menyusun anggaran kegiatan kelas menggunakan pecahan atau persentase.
✅ Model Kooperatif (Jigsaw, Think Pair Share)
- Kolaborasi dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika.
📌 Contoh Tujuan Pembelajaran & Aktivitas
| Topik | Tujuan Pembelajaran | Aktivitas Siswa |
|---|---|---|
| Operasi Hitung Pecahan | Siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan | Menyusun pecahan dari kertas lipat |
| Skala dan Peta | Siswa dapat menghitung jarak sesungguhnya berdasarkan skala | Menggambar denah rumah dan menghitung skalanya |
| Volume dan Luas Bangun Ruang | Siswa dapat menghitung volume dan luas permukaan kubus dan balok | Mengisi air ke dalam kotak kubus plastik (praktik) |
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
Modul Ajar Matematika Kelas 6 SD
- MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 1
- MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 2
- MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 3
- MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 4
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
