Modul Ajar Matematika Kelas 6 SD

 

Modul Ajar Matematika Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka:


1. Komponen Modul Ajar

Komponen utama dalam modul ajar Matematika Kelas 6 SD mencakup:

  1. Identitas Modul
  2. Kompetensi Awal
  3. Capaian Pembelajaran (CP)
  4. Tujuan Pembelajaran (TP)
  5. Pemahaman Bermakna
  6. Pertanyaan Pemantik
  7. Profil Pelajar Pancasila
  8. Kegiatan Pembelajaran
  9. Asesmen (diagnostik, formatif, sumatif)
  10. Pengayaan dan Remedial
  11. Refleksi Guru dan Siswa
  12. Lampiran (LKPD, rubrik penilaian, dll)


2. Identitas Modul

Contoh isi identitas modul ajar:

  • Satuan Pendidikan: SDN Tunas Bangsa
  • Fase: C (Kelas V dan VI)
  • Mata Pelajaran: Matematika
  • Kelas: VI
  • Topik/Submateri: Operasi Hitung Pecahan
  • Alokasi Waktu: 4 JP
  • Penyusun: Guru Matematika Kelas 6


3. Kompetensi Awal

Kompetensi yang perlu dimiliki siswa sebelum memulai pembelajaran:

  • Mengerti dasar operasi bilangan (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian)
  • Mampu memahami pecahan sederhana
  • Dapat menyelesaikan soal kontekstual sederhana


4. Profil Pelajar Pancasila

Modul ini mendukung pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila, seperti:

  • Bernalar kritis: Menganalisis soal dan strategi penyelesaian
  • Kreatif: Menemukan berbagai cara menyelesaikan soal
  • Mandiri: Mengelola pembelajaran secara bertanggung jawab
  • Bergotong-royong: Kerja kelompok dalam proyek atau diskusi
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME: Menghargai keteraturan dan keadilan dalam matematika


5. Sarana dan Prasarana

Sarana:

  • Buku teks Matematika Kurikulum Merdeka
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • Media visual seperti pecahan konkret (kertas lipat, blok pecahan)
  • Alat tulis dan kalkulator sederhana (opsional)

Prasarana:

  • Ruang kelas yang nyaman
  • Papan tulis dan spidol
  • Proyektor/LCD (jika ada)
  • Pojok Matematika (sumber belajar tambahan)


6. Target Peserta Didik

  • Usia: 11–12 tahun
  • Kondisi awal: Memiliki kemampuan numerasi dasar dan pemahaman awal tentang pecahan, desimal, dan geometri
  • Tujuan: Siswa mampu menerapkan konsep dan strategi matematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual.


7. Model Pembelajaran

Problem-Based Learning (PBL)

  • Siswa menyelesaikan soal cerita atau situasi nyata seperti belanja, jarak, waktu, dan sebagainya.

Discovery Learning

  • Siswa mengeksplorasi konsep melalui aktivitas dan eksperimen sederhana.

Contextual Teaching and Learning (CTL)

  • Materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Project-Based Learning (PjBL)

  • Membuat proyek sederhana, seperti menyusun anggaran kegiatan kelas menggunakan pecahan atau persentase.

Model Kooperatif (Jigsaw, Think Pair Share)

  • Kolaborasi dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika.

📌 Contoh Tujuan Pembelajaran & Aktivitas

TopikTujuan PembelajaranAktivitas Siswa
Operasi Hitung PecahanSiswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan pecahanMenyusun pecahan dari kertas lipat
Skala dan PetaSiswa dapat menghitung jarak sesungguhnya berdasarkan skalaMenggambar denah rumah dan menghitung skalanya
Volume dan Luas Bangun RuangSiswa dapat menghitung volume dan luas permukaan kubus dan balokMengisi air ke dalam kotak kubus plastik (praktik)

Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan. 


LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI  

Modul Ajar Matematika Kelas 6 SD

  1. MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 1
  2. MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 2
  3. MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 3
  4. MATEMATIKA KELAS 6 FASE C BAB 4

Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama