Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kelas 1

✅ 1. Komponen Modul Ajar

Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kelas 1 terdiri dari komponen-komponen berikut:

  1. Identitas Modul
  2. Kompetensi Awal
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Tujuan Pembelajaran
  5. Pemahaman Bermakna
  6. Pertanyaan Pemantik
  7. Kegiatan Pembelajaran
  8. Asesmen Pembelajaran (diagnostik, formatif, sumatif)
  9. Pengayaan dan Remedial
  10. Refleksi Guru dan Peserta Didik
  11. Daftar Pustaka
  12. Lampiran (LKS, Rubrik, Gambar, Doa, Audio, Video)


✅ 2. Identitas Modul

Memuat data dasar dan tema pembelajaran.

Contoh:

  • Nama Modul: Menghafal dan Memahami Surah Al-Fatihah
  • Mata Pelajaran: Al-Qur’an Hadis
  • Kelas/Fase: Kelas 1 / Fase A
  • Semester: Ganjil
  • Alokasi Waktu: 6 JP
  • Topik: Surah Al-Fatihah dan Hadis tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an
  • Penyusun: Guru PAI/MI


✅ 3. Kompetensi Awal

Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi:

  • Dapat mengenal huruf hijaiyah dasar
  • Terbiasa mendengar bacaan Al-Qur’an di rumah/sekolah
  • Dapat mengikuti hafalan sederhana secara berulang
  • Mengenal nabi dan ajaran kebaikan dasar


✅ 4. Profil Pelajar Pancasila

Nilai karakter yang dibangun dalam pembelajaran:

  • Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia: Meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan hadis Nabi.
  • Mandiri: Siswa berlatih membaca/menghafal surah dengan bimbingan.
  • Gotong Royong: Menghafal bersama, belajar dalam kelompok kecil.
  • Kreatif: Membuat karya seni islami seperti kolase huruf hijaiyah.
  • Bernalar Kritis: Menghubungkan isi surah dengan kehidupan sehari-hari.
  • Berkebinekaan Global: Menyadari bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam seluruh dunia.


✅ 5. Sarana dan Prasarana

Fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis:

  • Mushaf Al-Qur’an/Iqra’ Jilid 1–2
  • Audio murottal (surah-surah pendek)
  • Poster huruf hijaiyah dan makna ayat sederhana
  • Gambar kisah teladan dari hadis
  • Lembar kerja untuk mewarnai ayat/hadis
  • Papan tulis, spidol, flashcard hijaiyah
  • Perangkat audio untuk pemutaran murottal


✅ 6. Target Peserta Didik

Sasaran utama adalah siswa kelas 1 SD/MI:

  • Usia: 6–7 tahun
  • Karakteristik Perkembangan:

    Belajar melalui pengulangan, lagu, cerita
  • Senang meniru (imitatif) dan bermain
  • Rentang konsentrasi pendek, butuh variasi aktivitas
  • Belum bisa membaca Al-Qur’an secara mandiri


✅ 7. Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang tepat untuk materi Al-Qur’an Hadis kelas 1 adalah yang bersifat interaktif, menyenangkan, dan berbasis pembiasaan.

Model yang Disarankan:

  • Murojaah Berirama (Repetisi Bersama) : Menghafal surah dan hadis dengan irama/lirik sederhana.
  • Storytelling Islami : Cerita yang memperkuat pesan ayat atau hadis.
  • Audio-Visual Learning : Pemutaran murottal dan tayangan kartun edukatif Islami.
  • Play-Based Learning : Game tebak huruf hijaiyah, puzzle ayat pendek, permainan kartu doa.
  • Project-Based Learning : Membuat kartu doa, poster isi surah, atau nasyid tematik.
  • Pembelajaran Kontekstual : Misalnya: setelah menghafal Surah Al-Fil, guru mengaitkan dengan pentingnya bersyukur dan tidak sombong.

🔚 Penutup

Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kelas 1 Kurikulum Merdeka bertujuan mengenalkan anak kepada Al-Qur’an dan hadis sebagai sumber ajaran Islam, dengan pendekatan yang cerita-sentris, musikal, dan visual. Pembelajaran dirancang untuk membentuk kebiasaan cinta terhadap Al-Qur’an sejak dini, baik secara lisan, emosional, maupun perilaku.

Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan. 

LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI  

MODUL AJAR AL-QUR'AN HADIST KELAS 1 SD : DOWNLOAD DISINI

Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama