✅ 1. Komponen Modul Ajar
Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kelas 1 terdiri dari komponen-komponen berikut:
- Identitas Modul
- Kompetensi Awal
- Profil Pelajar Pancasila
- Tujuan Pembelajaran
- Pemahaman Bermakna
- Pertanyaan Pemantik
- Kegiatan Pembelajaran
- Asesmen Pembelajaran (diagnostik, formatif, sumatif)
- Pengayaan dan Remedial
- Refleksi Guru dan Peserta Didik
- Daftar Pustaka
- Lampiran (LKS, Rubrik, Gambar, Doa, Audio, Video)
✅ 2. Identitas Modul
Memuat data dasar dan tema pembelajaran.
Contoh:
- Nama Modul: Menghafal dan Memahami Surah Al-Fatihah
- Mata Pelajaran: Al-Qur’an Hadis
- Kelas/Fase: Kelas 1 / Fase A
- Semester: Ganjil
- Alokasi Waktu: 6 JP
- Topik: Surah Al-Fatihah dan Hadis tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an
- Penyusun: Guru PAI/MI
✅ 3. Kompetensi Awal
Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari materi:
- Dapat mengenal huruf hijaiyah dasar
- Terbiasa mendengar bacaan Al-Qur’an di rumah/sekolah
- Dapat mengikuti hafalan sederhana secara berulang
- Mengenal nabi dan ajaran kebaikan dasar
✅ 4. Profil Pelajar Pancasila
Nilai karakter yang dibangun dalam pembelajaran:
- Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia: Meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan hadis Nabi.
- Mandiri: Siswa berlatih membaca/menghafal surah dengan bimbingan.
- Gotong Royong: Menghafal bersama, belajar dalam kelompok kecil.
- Kreatif: Membuat karya seni islami seperti kolase huruf hijaiyah.
- Bernalar Kritis: Menghubungkan isi surah dengan kehidupan sehari-hari.
- Berkebinekaan Global: Menyadari bahwa Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam seluruh dunia.
✅ 5. Sarana dan Prasarana
Fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis:
- Mushaf Al-Qur’an/Iqra’ Jilid 1–2
- Audio murottal (surah-surah pendek)
- Poster huruf hijaiyah dan makna ayat sederhana
- Gambar kisah teladan dari hadis
- Lembar kerja untuk mewarnai ayat/hadis
- Papan tulis, spidol, flashcard hijaiyah
- Perangkat audio untuk pemutaran murottal
✅ 6. Target Peserta Didik
Sasaran utama adalah siswa kelas 1 SD/MI:
- Usia: 6–7 tahun
Karakteristik Perkembangan:
Belajar melalui pengulangan, lagu, cerita- Senang meniru (imitatif) dan bermain
- Rentang konsentrasi pendek, butuh variasi aktivitas
- Belum bisa membaca Al-Qur’an secara mandiri
✅ 7. Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang tepat untuk materi Al-Qur’an Hadis kelas 1 adalah yang bersifat interaktif, menyenangkan, dan berbasis pembiasaan.
Model yang Disarankan:
- Murojaah Berirama (Repetisi Bersama) : Menghafal surah dan hadis dengan irama/lirik sederhana.
- Storytelling Islami : Cerita yang memperkuat pesan ayat atau hadis.
- Audio-Visual Learning : Pemutaran murottal dan tayangan kartun edukatif Islami.
- Play-Based Learning : Game tebak huruf hijaiyah, puzzle ayat pendek, permainan kartu doa.
- Project-Based Learning : Membuat kartu doa, poster isi surah, atau nasyid tematik.
- Pembelajaran Kontekstual : Misalnya: setelah menghafal Surah Al-Fil, guru mengaitkan dengan pentingnya bersyukur dan tidak sombong.
🔚 Penutup
Modul Ajar Al-Qur’an Hadis Kelas 1 Kurikulum Merdeka bertujuan mengenalkan anak kepada Al-Qur’an dan hadis sebagai sumber ajaran Islam, dengan pendekatan yang cerita-sentris, musikal, dan visual. Pembelajaran dirancang untuk membentuk kebiasaan cinta terhadap Al-Qur’an sejak dini, baik secara lisan, emosional, maupun perilaku.
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
MODUL AJAR AL-QUR'AN HADIST KELAS 1 SD : DOWNLOAD DISINI
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
