RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

 

Satuan Pendidikan :  ..............................

Kelas / Semester      :  1 /1

Tema                        :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                 :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke      :  5

Alokasi waktu           :  1 Hari

 

 

 

A.   TUJUAN

1.    Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10.

2.    Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai dengan 10.

3.    Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan huruf konsonan yang hilang dari nama temannya.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

A.   Ayo Berlatih

1.    Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas? (Critical Thinking and Problem Solving).

2.    Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.

3.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan 1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan. (Communication)

4.    Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong Royong).

5.    Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.

6.    Guru menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.

7.    Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan). (Creativity and Innovation)

8.    Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity and Innovation)

9.    Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.

10. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)

11. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.

12. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25. (Critical Thinking and Problem Formulation).

13. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.

 

B.   Ayo Mencoba

1.    Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu?

2.    Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok.

3.    Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.

4.    Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.

5.    Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26)

6.    Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.   Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                 

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

………………………………..

NIP.

Ciamis,  Juli 20…..

Guru Kelas 1 

 

 

 

 

 

…………………………………….

NIP.

 

 

 

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

1.    Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Menghormati teman yang sedang berpuasa

Toleransi dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengikuti aturan

permainan dengan tertib

Disiplin

 

 

 

 

 

 

1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

2.    Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

 

 

3.    Penilaian keterampilan:

  1. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan

No

Nama Siswa

Kriteria

Membilang banyak benda

Menyebutkan bilangan

Mengidentifikasi lambang bilangan dengan mengangkat kartu bilangannya

Mengikuti aturan permainan dengan tertib

Predikat

1

Dayu

-

Sangat baik

2

Udin

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan

No

Nama Siswa

Kriteria

Menyebutkan nama teman pemilik kartu nama

Menebak huruf yang hilang dari kartu nama teman

Mengidentifikasi huruf yang hilang dengan mengangkat kartu hurufnya

Mengikuti aturan permainan dengan tertib

Predikat

1

Dayu

Baik sekali

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama