RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : ..............................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
1.
Dengan bermain
kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10.
2.
Setelah bermain
kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai dengan 10.
3.
Dengan bermain
kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan huruf konsonan yang
hilang dari nama temannya.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2.
Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3.
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15
menit |
|
|
Kegiatan Inti |
A. Ayo Berlatih 1. Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar
kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak
meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya.
Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas? (Critical
Thinking and Problem Solving). 2. Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan
menjawab pertanyaan dari gambar tersebut. 3. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar konsep bilangan
1 sampai dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu
bilangan. (Communication) 4.
Guru membagi
siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu
lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10. (Gotong Royong). 5.
Setiap kelompok
duduk membentuk lingkaran. 6.
Guru
menjelaskan aturan bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada
kelompok yang akan menjawab soal itu. 7.
Guru akan
mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila
kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka
kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan). (Creativity
and Innovation) 8.
Setiap kelompok
mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu setiap
kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (Creativity
and Innovation) 9.
Soal yang
dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis
benda yang tertentu banyaknya. 10. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat
giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal.
Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang
benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 memilih
lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23) 11. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat
giliran untuk memberi dan menjawab soal. 12. Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dan
lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25. (Critical
Thinking and Problem Formulation). 13. Untuk menguatkan siswa tentang huruf, minta siswa
mengerjakan latihan di halaman 27.
B. Ayo Mencoba 1. Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari
setiap kelompok dan membagikan 2 jenis kartu yang lain. Kartu apakah itu? 2. Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap
hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan
1 set kartu huruf a-z ke masing-masing kelompok. 3. Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang
bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan
menjawab soal dengan cara diundi. 4. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi
soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke
depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa
anggotanya. 5. Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak
huruf yang hilang, dan mengangkat kartu huruf sesuai huruf yang hilang dari
kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26) 6. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat
giliran untuk memberi dan menjawab soal.
|
140
menit |
|
|
|
|||
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian
keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
……………………………….. NIP. |
Ciamis, Juli 20….. Guru Kelas 1
……………………………………. NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian
1. Penilaian Sikap:
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Menghormati teman yang sedang berpuasa |
Toleransi dalam beribadah |
|
|
|
|
|
|
1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengikuti aturan permainan dengan tertib |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek
Sikap:

2. Penilaian pengetahuan:
- Tes
tertulis
(Guru bisa mengambil nilai tes tertulis dari
latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat
nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua
soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
![]()
3.
Penilaian
keterampilan:
- Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Membilang banyak benda |
Menyebutkan bilangan |
Mengidentifikasi lambang bilangan dengan
mengangkat kartu bilangannya |
Mengikuti aturan permainan dengan tertib |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
- |
√ |
Sangat baik |
|
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
√ |
Baik |
|
3 |
... |
|
|
|
|
|
- Penilaian: Unjuk kerja: menebak huruf
konsonan yang hilang dan mengidentifikasi huruf konsonan
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Menyebutkan nama teman pemilik kartu nama |
Menebak huruf yang hilang dari kartu nama teman |
Mengidentifikasi huruf yang hilang dengan mengangkat kartu hurufnya |
Mengikuti aturan permainan dengan tertib |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Baik sekali |
|
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
|
3 |
... |
|
|
|
|
|