RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : ................................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
- Dengan bermain kartu huruf dan berlatih,
siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
- Setelah bermain kartu huruf dan berlatih,
siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal
maupun konsonan.
- Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan
huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi
kalimat.
- Dengan bercerita, siswa dapat membilang
banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
- Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat
membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
- Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di
sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
|
Kegiatan Inti |
A.
Ayo Mencoba 1.
Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok.
Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf
vokal. 2.
Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30.
Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok,
para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf
yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku
siswa halaman 30. (Creativity and Innovation). 3.
Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok
sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru. (Communication) 4.
Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak
guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada
di buku siswa halaman 30. 5.
Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling
susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa? (Collaburation) B. Ayo Bercerita 1.
Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu
orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu
orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang
banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32) (Creativity and Innovation) 2.
Para siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. Untuk
menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku
siswa halaman 31. 3.
Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan
tulis. 4.
Guru sudah menempel kartu lambang bilangan 1 sampai
dengan 10 di papan tulis.
C. Ayo Berlatih 1.
Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara
berurut dari 1 sampai dengan 10. 2.
Guru lalu menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa
diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya.
Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33) 3.
Kemudian siswa diminta untuk belajar dan berlatih
membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, lalu menuliskan
lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia. (Critical Thinking and Problem
Formulation)
|
140 menit |
|
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama
kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
…………………………………... NIP. |
Ciamis, Juli 2020 Guru Kelas 1
………………………………….. NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1. a.
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Menghormati
teman yang sedang berpuasa |
Toleransi
dalam beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengikuti
aturan permainan
dengan tertib |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2. Penilaian
pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru bisa mengambil nilai
pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa. Selain itu, guru
juga bisa mengembangkan pertanyaan dari materi yang telah diberikan, sesuai
dengan kondisi di kelas)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab
dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
![]()
3.
Penilaian keterampilan:
Penilaian
Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Menyebutkan nama diri sendiri dan nama teman |
Membilang banyaknya huruf penyusun nama |
Menyebutkan huruf- huruf penyusun nama sendiri dan nama
teman |
Bercerita dengan lancar |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
|
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
|
3 |
... |
|
|
|
|
|