RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

 

 

 

Satuan Pendidikan      : ................................

Kelas / Semester        :  1 /1

Tema                          :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                   :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke         :  6

Alokasi waktu              :  1 Hari

 

 

A.    TUJUAN

  1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
  2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.
  3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
  4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
  5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
  6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

 

Kegiatan

Inti

A.   Ayo Mencoba

1.    Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal.

2.    Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan. Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di buku siswa halaman 30. (Creativity and Innovation).

3.    Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru. (Communication)

4.    Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.

5.    Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa? (Collaburation)

B.   Ayo Bercerita

1.    Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya. Tak lupa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32)  (Creativity and Innovation)

2.    Para siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.

3.    Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan tulis.

4.    Guru sudah menempel kartu lambang bilangan 1 sampai dengan 10 di papan tulis.

 

C.   Ayo Berlatih

1.    Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10.

2.    Guru lalu menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33)

3.    Kemudian siswa diminta untuk belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di buku siswa pada halaman 34-35, lalu menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang tersedia. (Critical Thinking and Problem Formulation)

 

140

menit

 

Kegiatan

Penutup

A.   Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                  

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

…………………………………...

NIP.

Ciamis,  Juli 2020

Guru Kelas 1 

 

 

 

 

 

…………………………………..

NIP.

 

 

 

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

1.    Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

1. a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Menghormati teman yang sedang berpuasa

Toleransi dalam beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengikuti aturan

permainan dengan tertib

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

2.    Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru bisa mengambil nilai pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan pertanyaan dari materi yang telah diberikan, sesuai dengan kondisi di kelas)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

 

3.    Penilaian keterampilan:

Penilaian Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru

No

Nama Siswa

Kriteria

Menyebutkan nama diri sendiri dan nama teman

Membilang banyaknya huruf penyusun nama

Menyebutkan huruf- huruf penyusun nama sendiri dan nama teman

Bercerita dengan lancar

Predikat

1

Dayu

Sangat baik

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama