RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : ..........................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema
: Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu :
1 Hari
A.
TUJUAN
1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan
berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat
mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama
nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4. Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
|
|
Kegiatan Inti |
A.
Ayo Berlatih 1.
Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa
berbaris berdasarkan urutan tinggi badan. 2.
Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan
kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan. 3.
Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua
kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta
berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah
kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru. 4.
Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah
menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling
bertukar posisi. 5.
Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang
telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa
perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa
laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf
pertama adalah konsonan. 6.
Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan. 7.
Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama
banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan. 8.
Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z.
Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan
di belakang masing-masing barisan. 9.
Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu
huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.(Critical
Thinking and Problem Formulation) 10. Setiap pasangan akan mencari
kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya. 11. Sekali lagi seluruh siswa
diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan
masing-masing. Kedua kelompok
siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing. 12. Setiap pasangan tidak boleh
menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi. 13. Ketika selesai bertukar
posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf
pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk
masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf
yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat. 14. Setelah berlomba mendapatkan
kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan
posisi yang rapi. 15. Guru mengamati setiap
pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak. 16. Pasangan yang tidak
mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama
masing-masing. 17. Sambil beristirahat (siswa boleh
duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan
pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan
berjalan lurus. 18. Siswa lalu kembali ke dalam
kelas. B. Ayo Berkreasi 1.
Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
(Communication). 2.
Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan
nama masing-masing. 3.
Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain
mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat
warna suara teman-temannya. 4.
Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru
lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas. 5.
Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan
penutup mata. 6.
Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa
menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup
lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya),
sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?” 7.
Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok
yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara
bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota
kelompoknya. 8.
Agar para siswa dapat focus dengan suara teman
kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan. 9.
Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi
setiap kelompok dan mengamatinya. |
140 menit |
|
|
|
|
|
|||
|
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama
kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan.
Guru : Ø Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
||
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
…………………………………. NIP. |
Ciamis, Juli 20 …… Guru Kelas 1
………………………………… NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut
1.
Penilaian Sikap:
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1.a.
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengajak
teman untuk sholat berjamaah |
Taat
beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Diskusi
menyelesaikan masalah |
Bekerja Sama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2. Penilaian
pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa untuk
menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa menebak nama teman dari suaranya.
Jawabannya karena setiap teman memiliki suara yang berbeda)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab
dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
![]()
3.
Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke
satu arah
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Berbarupis lurus saling berhadapan |
Berjalan lurus ke satu arah(sendiri) dan bertukar
posisi |
Berjalan lurus bergandengan tangan |
Rapi dan teratur |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
|
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
|
3 |
... |
|
|
|
|
|
- Penilaian
Unjuk kerja: Membedakan warna suara teman di kelas
|
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
|
1. Kemampuan membedakan warna suara teman |
Siswa
mampu membedakan warna suara teman sebanyak 8- 10 orang |
Siswa
mampu membedakan warna suara teman sebanyak 6- 7 orang |
Siswa
hanya mampu membedakan warna suara teman sebanyak 4- 5 orang |
Siswa
belum mampu membedakan warna suara teman sebanyak 1- 3 orang |
|
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada
permainan |
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa
mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa
mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |