RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

 

 

Satuan Pendidikan     :  ..........................

Kelas / Semester        :  1 /1

Tema                          :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                   :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 Hari

 

 

 

A.    TUJUAN

1.    Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.

2.    Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.

3.    Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.

4.    Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

 

Kegiatan

Inti

A.   Ayo Berlatih

1.    Guru mengajak siswa ke luar kelas. Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.

2.    Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi mengelilingi lapangan.

3.    Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang rapi saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang lain di sisi sebelah kanan guru.

4.    Seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi.

5.    Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.

6.    Siswa lalu diminta untuk saling berpegangan tangan.

7.    Seluruh pasangan dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan.

8.    Guru kemudian menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.

9.    Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem Formulation)

10.  Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.

11.  Sekali lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.

12.  Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi.

13.  Ketika selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan huruf yang dimaksud. Siapa cepat dia dapat.

14.  Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang rapi.

15.  Guru mengamati setiap pasangan, mana yang bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.

16.  Pasangan yang tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing.

17.  Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus.

18.  Siswa lalu kembali ke dalam kelas.

B.   Ayo Berkreasi

1.    Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication).

2.    Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing-masing.

3.    Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya.

4.    Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk 10 orang siswa maju ke depan kelas.

5.    Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.

6.    Setelah itu, secara acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu “Siapa namamu?”

7.    Guru kemudian membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang menjadi anggota kelompoknya.

8.    Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan.

9.    Guru melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.

    140

    menit

 

 

 

Kegiatan

Penutup

A.   Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

 

Guru :                 

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

………………………………….

NIP.

Ciamis,  Juli 20 ……

Guru Kelas 1 

 

 

 

 

 

…………………………………

NIP.


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut

 

1.    Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

1.a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengajak teman untuk sholat berjamaah

Taat beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Diskusi menyelesaikan masalah

Bekerja Sama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

2.    Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa menebak nama teman dari suaranya. Jawabannya karena setiap teman memiliki suara yang berbeda)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

 

3.    Penilaian keterampilan:

  1. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah

No

Nama Siswa

Kriteria

Berbarupis lurus saling berhadapan

Berjalan lurus ke satu arah(sendiri) dan bertukar posisi

Berjalan lurus bergandengan tangan

Rapi dan teratur

Predikat

1

Dayu

Sangat baik

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penilaian Unjuk kerja: Membedakan warna suara teman di kelas

Kriteria

Baik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan

1

1.    Kemampuan membedakan warna suara teman

Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 8- 10 orang

Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 6- 7 orang

Siswa hanya mampu membedakan warna suara teman sebanyak 4- 5 orang

Siswa belum mampu membedakan warna suara teman sebanyak 1- 3 orang

2.    Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang.

Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan

Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama