RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : .................................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
1.
Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu
“a-b-c” dengan benar.
2.
Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman
sesuai orangnya dengan tepat.
3.
Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf
vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4.
Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut
bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
5.
Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan
bilangan 1 sampai dengan 10.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
||
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
||
|
Kegiatan Inti |
A. Ayo Bernyanyi 1. Pada awal pelajaran, guru
menyampaikan kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.(Communicartion) 2. Agar dapat mengenal huruf
dengan baik, guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran
lebar. Kertas/karton itu
lalu ditempel di papan tulis. 3. Siswa diajak untuk bernyanyi
lagu “a-b-c” sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas.
(lihat buku siswa halaman 12)
§ Lagu ini ditujukan untuk
mengawali kegiatan di hari itu dan bukan bagian dari kegiatan pembelajaran
SBDP. Notasi berikut
untuk membantu guru menyanyikan lagu “a-b-c”.
4. Ulangi sekali lagi. Tunjuk
salah satu siswa untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain bernyanyi
lagu “a-b-c”
B. Ayo Berlatih 1. Untuk membantu menguatkan
siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di
buku dengan melihat huruf-hurufnya. (lihat buku siswa di halaman 13). 2. Guru mengenalkan konsep
bilangan 1 sampai dengan 10. 3. Minta siswa mengamati gambar
di buku siswa halaman 15. 4. Minta siswa bersama-sama
menghitung banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan
10 secara berurutan. 5. Guru juga bisa menyediakan
berbagai benda yang ada di kelas lalu meminta siswa secara bergiliran
membilang banyaknya benda tersebut. 6. Untuk penguatan konsep
bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di buku siswa halaman 16.
Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan
gambar lain dengan banyak benda yang sama. (Critical Thinking and Problem Solving).
C. Ayo Mencoba 1. Setelah selesai berlatih,
siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.(Gotong Royong) 2. Setiap kelompok mendapatkan
kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut. 3. Setiap anggota kelompok
bekerjasama untuk memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok
tersebut degan tepat. (Gotong Royong) 4. Minta setiap siswa
memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka. 5. Minta setiap kelompok berdiri
secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing agar siswa di
kelompok lain dapat memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun
nama semua siswa di kelas. 6. Guru lalu mengajak semua
kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan
satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf “a, i, u, e, o”. (Creativity and Innovation) 7. Guru menunjuk kelompok untuk
maju ke depan kelas. Minta kelompok tersebut memilih 2 nama siswa anggotanya
untuk ditebak huruf “a, i, u, e, o”. 8. Beberapa siswa anggota
kelompok tersebut berdiri berjajar. Mereka mengalungkan huruf sesuai nama
yang akan ditebak, tapi tanpa huruf “a, i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman
14). 9. Guru menunjuk kelompok lain
untuk menebak huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut. 10. Kelompok yang bertugas menebak
harus mencari huruf “a, i, u, e, o” dari kartu huruf “a, i, u, e, o” yang
telah dibagikan dan menyebutkan huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dengan
suara keras. Setelah itu, kartu huruf yang tadi disebutkan dikalungkan ke
leher teman yang sedang berdiri berjajar agar menjadi nama siswa yang
lengkap. 11. Setelah dua nama dari
kelompok yang mendapat giliran maju telah selesai ditebak, giliran kelompok
yang menebak untuk maju ke depan kelas. Lalu kelompok yang lain lagi akan
menebak huruf “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya
hingga semua kelompok mendapat giliran maju untuk bermain. 12. Setelah bermain kartu huruf,
siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. 13. Guru dan siswa bersama-sama
menyanyikan lagu “a-b-c” dan menyebutkan kembali huruf “a, i, u, e, o”. 14. Sebelum masuk ke kegiatan
berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan, ”Berapa kelompok yang
tadi bermain tebak huruf?”, “Masing-masing kelompok terdiri dari berapa
orang?” 15. Siswa ada yang menjawab
(dengan jawaban yang beragam), ada juga siswa yang diam. 16. Selesai berlatih, guru
mengajak bermain sambil mengenal bilangan. (lihat buku siswa halaman 17) 17. Minta siswa berdiri membentuk
lingkaran, lalu guru menyampaikan aturan permainan. Siswa akan berkumpul
bersama teman yang banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh
teman. 18. Guru memberi contoh,
“Berkelompok lima-lima”. Siswa lalu segera mencari teman untuk berkumpul
membentuk kelompok yang banyak anggotanya ada lima. Setelah berkelompok, siswa
mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”. 19. Setelah menjelaskan, guru
akan menunjuk salah satu siswa untuk memberikan aba-aba. Siswa tersebut akan menerima
instruksi dari guru. 20. Kemudian siswa yang ditunjuk
memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”, “Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu
seterusnya sampai semua bilangan 1 sampai dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa
untuk mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok.
|
140
menit |
||
|
|
||||
|
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua
berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan
tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
|
|
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
………………………………… NIP. |
Ciamis, Juli 20…… Guru Kelas 1
………………………………… NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1.a. Contoh Format Jurnal
Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengerjakan
tugas dengan gembira |
Perilaku
syukur |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Melakukan
presentasi di depan kelas |
Percaya diri |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(selain latihan di buku
siswa halaman 14, guru bisa mengembangkan jenis pertanyaan lain untuk tes
tertulis yang akan diberikan)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang
diperoleh x 100
Skor
maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab
dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
![]()
3.
Penilaian keterampilan
a. Penilaian Unjuk kerja:
Mengenal konsep bilangan 1-10
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Mengurutkan bilangan 1- 10 |
Menghitung banyaknya benda sesuai bilangan 1- 10 |
Membentuk kelompok sesuai bilangan 1- 10 |
Aktif mengikuti permainan bilangan |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
|
2 |
Udin
|
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
|
3 |
...
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Unjuk kerja: Mengenal huruf lewat
permainan
|
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
|
1. Kemampuan mengenal huruf |
Siswa mampu memenuhi 4 kriteria: vernyanyi
a- z secara berurutan mengenali huruf vokal a-i-u-e-o yang hilang,
menyebutkan huruf vokal yang hilang dengan suara yang terdengar, serta aktif
mengikuti permainan
|
Siswa mampu memenuhi 3 kriteria dalam
permainan huruf |
Siswa mampu memenuhi 2 komponen dalam
permainan huruf |
Siswa belum mampu memenuhi 1 komponen dalam
permainan huruf |
|
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan |
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan
intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa mammpu melakukan permainan sesuai
aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi
dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa belum mampu melakukan permainan
sesuai dengan aturan |

