RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

 

 

Satuan Pendidikan      : .................................  

Kelas / Semester        : 1 /1

Tema                          : Diriku (Tema 1)

Sub Tema                   : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke        : 2

Alokasi waktu             : 1 Hari

 

 

A.    TUJUAN

·         Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.

·         Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.

·         Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.

·         Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

 

15 menit

 

Kegiatan

Inti

A.       Ayo Berlatih

1.      Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.

2.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah. (Gotong Royong)

3.      Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.

4.      Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.

5.      Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.

6.      Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas.

 

B.       Ayo Bercerita

1.      Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation)

2.      Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.

3.      Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication)

4.      Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.

5.      Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.

 

6.      Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama. egitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.

7.      Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

140 menit

 

 

 

Kegiatan

Penutup

A.   Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                  

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

…………………………………

NIP.

Ciamis,  Juli 20………

Guru Kelas 1 

 

 

 

 

………………………………….

NIP.

 

 

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.    Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengerjakan shalat

berjamaah

Taat beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Melaksanakan piket kebersihan kelas

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.    Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan ciri-ciri teman tersebut)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

3.    Penilaian keterampilan:

a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah

 

No

Nama Siswa

Kriteria

Berbarupis lurus memegang pundak

Berjalan lurus ke satu arah

Mulai dan berhenti berjalan sesuai aba- aba

Rapi dan teratur

Predikat

1

Dayu

Sangat baik

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

b. Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan

 

Kriteria

Baik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan

1

1.    Kemampuan memperkenalkan teman di kelas

Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan mandiri

Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru 1 kali

Siswa hanya mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru lebih dari 1 kali

Siswa belum mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas

2.    Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang.

Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan

Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama