RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan :
.................................
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
·
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan
lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
·
Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah
permainan.
·
Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan
panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya
dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit |
|
|
Kegiatan Inti |
A. Ayo Berlatih 1.
Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain
di luar kelas. 2.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki
terpisah. (Gotong Royong) 3.
Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke
belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di
depannya. 4.
Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh
guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke
satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru. 5.
Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri
paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan
kedua maju menjadi siswa yang paling depan. 6.
Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan
beristirahat di dalam kelas.
B. Ayo Bercerita 1.
Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk
mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai
nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation) 2.
Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain
di luar kelas dan membentuk lingkaran. 3.
Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa
halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication) 4.
Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan
tersebut. 5.
Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan
sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.
6.
Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama.
egitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran. 7.
Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi
yang tidak sesuai. |
140 menit |
|
|
|
|
||
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama
kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang
materi yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
………………………………… NIP. |
Ciamis, Juli 20……… Guru Kelas 1
…………………………………. NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengerjakan
shalat berjamaah |
Taat
beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Melaksanakan
piket kebersihan kelas |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa
menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa
guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa
menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan
ciri-ciri teman tersebut)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang
diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya menjawab
dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
![]()
3.
Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk kerja:
Berjalan lurus ke satu arah
|
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
|
Berbarupis lurus memegang pundak |
Berjalan lurus ke satu arah |
Mulai dan berhenti berjalan sesuai aba- aba |
Rapi dan teratur |
Predikat |
||
|
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
|
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
|
3 |
... |
|
|
|
|
|
b. Penilaian: Unjuk kerja:
Memperkenalkan teman lewat permainan
|
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
|
1.
Kemampuan
memperkenalkan teman di kelas |
Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan
nam panggilan teman di kelas dengan mandiri |
Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan
nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru 1 kali |
Siswa hanya mampu menyebutkan nama lengkap
dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru lebih dari 1 kali |
Siswa belum mampu menyebutkan nama lengkap
dan nam panggilan teman di kelas |
|
2.
Kemampuan
menjalankan peraturan pada permainan |
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa mammpu melakukan permainan sesuai
aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi
dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa belum mampu melakukan permainan
sesuai dengan aturan |