RPP Kelas 1 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

 

 

Satuan Pendidikan     : ...........................................

Kelas / Semester        :  1 /1

Tema                          :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                   : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.   TUJUAN

  • Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
  • Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
  • Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
  • Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
  • Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

 

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

A. Ayo Berlatih

  1. Pembelajaran 1 di buku siswa dibuka dengan gambar seorang anak yang hendak ke sekolah. Anak tersebut lalu mencium tangan kedua orang tuanya sebelum berangkat.

B. Ayo Mencoba

  1. Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
  2. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya. (Communication)
  3. Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  4. Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  5. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.
  6. Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
  7. Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
  8. Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
  9. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
  10. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
  11. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

 

C. Ayo Bernyanyi

  1. Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.

 


 

D. Ayo Bermain Peran

  1. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
  2. Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
  3. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
  4. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.   Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                  

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

……………………………….

NIP.  

Ciamis,  Juli 20……

Guru Kelas 1 

 

 

 

 

………………………………..

NIP.

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

 

 

1.  Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengajak teman untuk berdoa

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Menjenguk teman yang sakit

Peduli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

 

2.  Penilaian pengetahuan

  • Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas

(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)

3.  Penilaian keterampilan:

 a. Penilaian Unjuk Kerja

  • Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.

Aspek/ Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Pendampingan

(1)

Jumlah Kalimat

Jumlah kalimat lebih dari 10 kalimat

Jumlah kalimat 7- 10 kalimat

Jumlah kalimat 4- 6 kalimat

Kurang dari 3 kalimat

Volume suara

Suara terdengar oleh semua anggota kelas

Suara terdengar hanya sebagian anggota kelas

Suara hanya terdengar oleh guru

Suara tak terdengar

Isi cerita

Ada pembukaan, bentuk istirahat, bagaimana beristirahat, manafaat istirahat

Hanya memenuhi 3 kriteria

Hanya memenuhi 2 kriteria

Belum mau bercerita

 

 

* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.

  • Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita

No

Nama siswa

Kriteria 1 ( √ )

Kriteria 2 ( √ )

Kriteria ( √ )

4

3

2

1

4

3

2

1

4

3

2

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

T : Terlihat ;  BT : Belum Terlihat

Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat

Kriteria 2: Suara terdengar

Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku

 b. Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian

Kriteria

Baik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan

1

1.    Kemampuan memperkenalkan diri

Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan

Siswa mampu menyebutkan nama panjang

Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan

Siswa belum mampu memperkenalkan diri

2.    Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang.

Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan

Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan

3.    Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap

Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)

Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1- 2 kali meleset

Siswa melempar dan menangkap boal, tetapi lebih dari 3 kali meleset

Siswa belum mampu melempar dan menangkap

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama