RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : ...........................................
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku
dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
- Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama
panggilan.
- Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar
perbedaan warna suara teman.
- Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama
teman dengan benar.
- Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat
mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing
teman.
- Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan
memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua
saat ke luar rumah.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik
(Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
A. Ayo Berlatih
B. Ayo Mencoba
C. Ayo Bernyanyi
D. Ayo Bermain Peran
|
140
menit |
|
|
||
|
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama
kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi
yang baru dilakukan. Guru : Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15
menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah,
………………………………. NIP. |
Ciamis, Juli 20…… Guru Kelas 1
……………………………….. NIP. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian Sikap: Observasi dan
pencatatan sikap siswa selama kegiatan
a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Mengajak teman untuk berdoa |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Contoh Format Jurnal
Sikap Sosial
|
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
|
1. |
|
|
Menjenguk teman yang sakit |
Peduli |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Contoh Format Penilaian
Diri Aspek Sikap:

2. Penilaian pengetahuan
- Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan
yang akan digunakan untuk tes lisan)
3. Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk Kerja
- Rubrik kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
|
Aspek/ Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Jumlah Kalimat |
Jumlah kalimat lebih dari 10 kalimat |
Jumlah kalimat 7- 10 kalimat |
Jumlah kalimat 4- 6 kalimat |
Kurang dari 3 kalimat |
|
Volume suara |
Suara terdengar oleh semua anggota kelas |
Suara terdengar hanya sebagian anggota kelas |
Suara hanya terdengar oleh guru |
Suara tak terdengar |
|
Isi cerita |
Ada pembukaan, bentuk istirahat, bagaimana beristirahat,
manafaat istirahat |
Hanya memenuhi 3 kriteria |
Hanya memenuhi 2 kriteria |
Belum mau bercerita |
* Kriteria penilaian
masing-masing memiliki poin 25 di setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka
skornya adalah 4 x 25 = 100, dan seterusnya.
- Instrumen Penilaian Kegiatan Bercerita
|
No |
Nama siswa |
Kriteria 1 ( √ ) |
Kriteria 2 ( √ ) |
Kriteria ( √ ) |
|||||||||
|
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T : Terlihat ; BT : Belum Terlihat
Kriteria 1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria 2: Suara terdengar
Kriteria 3: Menggunakan bahasa baku
b. Memperkenalkan diri lewat permainan dan
nyanyian
|
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
|
1.
Kemampuan
memperkenalkan diri |
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan
nama panggilan |
Siswa mampu menyebutkan nama panjang |
Siswa hanya mampu menyebutkan nama
panggilan |
Siswa belum mampu memperkenalkan diri |
|
2.
Kemampuan
menjalankan peraturan pada permainan |
Siswa mampu melakukan permainan sesuai
dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa mammpu melakukan permainan sesuai
aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi
dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa belum mampu melakukan permainan
sesuai dengan aturan |
|
3.
Kemampuan
melakukan gerakan melempar dan menangkap |
Siswa mampu melempar dan menangkap bola
dengan akurat (tidak pernah meleset) |
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi
1- 2 kali meleset |
Siswa melempar dan menangkap boal, tetapi
lebih dari 3 kali meleset |
Siswa belum mampu melempar dan menangkap |