Modul Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6 SD dalam Kurikulum Merdeka:
1. Komponen Modul Ajar
Modul ajar SKI mencakup komponen-komponen penting yang memandu proses pembelajaran secara menyeluruh. Komponen tersebut antara lain:
- Identitas Modul
- Kompetensi Awal
- Tujuan Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Profil Pelajar Pancasila
- Sarana dan Prasarana
- Kegiatan Pembelajaran
- Asesmen (Formatif & Sumatif)
- Pengayaan & Remedial
- Refleksi Guru & Siswa
- Lampiran (LKPD, Rubrik Penilaian, Bahan Ajar Visual, dll.)
2. Identitas Modul
Contoh identitas modul:
- Satuan Pendidikan: SD IT Al-Amanah
- Mata Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam
- Kelas/Fase: Kelas 6 / Fase C
- Topik/Submateri: Perkembangan Islam di Masa Kekhalifahan Abbasiyah
- Alokasi Waktu: 3 Pertemuan (6 JP)
- Penyusun: Ustadzah Rahmawati, S.Pd.I
3. Kompetensi Awal
Kompetensi yang sebaiknya dimiliki siswa sebelum memulai pembelajaran ini, antara lain:
- Mengetahui dasar-dasar sejarah Islam dari masa Nabi hingga Khulafaur Rasyidin
- Mengenal tokoh-tokoh Islam dan kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan
- Memahami peran penting masjid, ulama, dan pendidikan dalam perkembangan Islam
4. Profil Pelajar Pancasila
Modul ini mendukung penguatan dimensi Profil Pelajar Pancasila, seperti:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: melalui keteladanan tokoh-tokoh Islam
- Bernalar kritis: menganalisis perkembangan peradaban Islam
- Bergotong royong: kerja kelompok dalam membuat poster sejarah atau proyek mini
- Mandiri: siswa belajar dari sumber bacaan atau video sejarah
- Kreatif: mengilustrasikan kisah tokoh Islam dalam bentuk karya seni atau drama
- Berkebinekaan global: memahami bagaimana Islam berkembang di berbagai belahan dunia
5. Sarana dan Prasarana
Sarana:
- Buku teks SKI
- Gambar peta sejarah Islam
- Alat tulis, buku tulis, dan LKPD
- Media visual: infografik, video sejarah
- Alat peraga/flashcard tokoh dan peristiwa
Prasarana:
- Ruang kelas yang mendukung diskusi kelompok
- Papan tulis
- Perangkat multimedia (jika memungkinkan)
6. Target Peserta Didik
- Usia: 11–12 tahun
- Kemampuan awal: Siswa telah mempelajari dasar sejarah Islam di kelas sebelumnya
- Minat belajar: Meningkatkan kesadaran sejarah dan peradaban Islam
- Karakteristik belajar: Anak usia SD kelas akhir membutuhkan media visual, cerita menarik, dan aktivitas kreatif
7. Model Pembelajaran
Beragam pendekatan dapat diterapkan dalam pembelajaran SKI, antara lain:
✅ Model Storytelling (bercerita)
- Guru menyampaikan kisah sejarah Islam secara naratif dan menarik, melibatkan ekspresi dan gambar.
✅ Discovery Learning
- Siswa menemukan makna penting dari peristiwa atau tokoh dengan panduan pertanyaan eksploratif.
✅ Project-Based Learning
- Misalnya proyek membuat majalah dinding atau peta sejarah perkembangan Islam.
✅ Role Play (Bermain Peran)
- Siswa memerankan tokoh-tokoh penting dalam sejarah, seperti Harun Ar-Rasyid, Al-Khawarizmi, atau Ibnu Sina.
✅ Collaborative Learning
- Siswa bekerja dalam kelompok untuk mengumpulkan informasi dan mempresentasikan hasil kajiannya.
📘 Contoh Tema & Tujuan Pembelajaran
| Tema | Tujuan Pembelajaran |
|---|---|
| Masa Keemasan Islam di Abad Pertengahan | Siswa memahami kemajuan ilmu pengetahuan dan budaya pada masa Abbasiyah |
| Tokoh Ilmuwan Muslim | Siswa mengenal tokoh seperti Al-Khawarizmi, Ibnu Sina, dan kontribusinya terhadap dunia |
| Masuknya Islam ke Nusantara | Siswa mengetahui jalur masuk Islam ke Indonesia dan nilai dakwah yang dibawa |
| Peradaban Islam dan Ilmu Pengetahuan | Siswa mampu menjelaskan kontribusi peradaban Islam dalam bidang matematika, kedokteran, dan filsafat |
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
Modul Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 6 SD
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
