Modul Ajar Al-Qur'an Hadis Kelas 6 SD dalam Kurikulum Merdeka:
1. Komponen Modul Ajar
Modul ajar adalah perangkat ajar yang digunakan oleh guru sebagai panduan pembelajaran. Komponennya meliputi:
- Identitas Modul
- Kompetensi Awal
- Tujuan Pembelajaran
- Capaian Pembelajaran (CP)
- Profil Pelajar Pancasila
- Sarana dan Prasarana
- Kegiatan Pembelajaran
- Asesmen (Penilaian)
- Pengayaan dan Remedial
- Refleksi Guru dan Peserta Didik
- Lampiran (LKPD, rubrik penilaian, bahan ajar tambahan, dll.)
2. Identitas Modul
Contoh identitas:
- Satuan Pendidikan: SDIT Nurul Falah
- Mata Pelajaran: Al-Qur’an Hadis
- Kelas / Fase: Kelas 6 / Fase C
- Topik: Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an
- Alokasi Waktu: 6 JP (2 pertemuan x 3 JP)
- Penyusun Modul: Ustadz M. Fadli, S.Pd.I
3. Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan atau keterampilan yang harus sudah dikuasai siswa sebelum memulai pembelajaran.
Contoh kompetensi awal:
- Mengenal huruf hijaiyah dan bisa membaca Al-Qur’an dasar
- Menghafal surah-surah pendek juz 30
- Mengetahui pentingnya membaca dan memahami Al-Qur’an
4. Profil Pelajar Pancasila
Mata pelajaran Al-Qur'an Hadis mendukung penguatan nilai-nilai dalam Profil Pelajar Pancasila, antara lain:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: melalui pemahaman hadis dan ayat Al-Qur'an
- Mandiri: dengan membiasakan murajaah hafalan secara mandiri
- Bergotong royong: dalam kelompok tilawah atau halaqah Al-Qur'an
- Bernalar kritis: saat memahami makna ayat atau konteks hadis
5. Sarana dan Prasarana
Sarana:
- Mushaf Al-Qur’an
- Buku teks pelajaran Al-Qur’an Hadis (Kurikulum Merdeka atau madrasah)
- Lembar kerja peserta didik (LKPD)
- Speaker/audio untuk murattal
- Video pembelajaran atau multimedia interaktif
Prasarana:
- Ruang kelas atau musala
- Papan tulis
- Proyektor (jika tersedia)
6. Target Peserta Didik
- Usia: 11–12 tahun
- Kondisi awal: siswa sudah terbiasa membaca dan menghafal Al-Qur’an secara dasar
- Kebutuhan belajar: pendekatan kontekstual dan afektif yang menguatkan keimanan dan kecintaan terhadap Al-Qur’an
- Kesiapan belajar: mampu bekerja mandiri dan dalam kelompok, serta bisa menyampaikan hasil pemahamannya
7. Model Pembelajaran
Berbagai pendekatan dapat diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis:
🔹 Model Discovery Learning
- Siswa diarahkan untuk menemukan makna ayat atau pesan hadis melalui panduan guru.
🔹 Model Inquiry Based Learning
- Siswa diberi pertanyaan pemantik untuk menganalisis makna kandungan surah atau hadis.
🔹 Tilawah dan Tadabbur
- Membaca Al-Qur’an (tilawah) lalu membahas kandungannya (tadabbur) dengan bimbingan guru.
🔹 Project-Based Learning
- Proyek membuat mading dakwah berisi ayat dan hadis beserta maknanya.
🔹 Collaborative Learning
- Hafalan kelompok, diskusi kandungan ayat, dan praktik menyampaikan pesan ayat secara lisan.
📘 Contoh Tema dan Tujuan Pembelajaran Modul Al-Qur'an Hadis Kelas 6
| Tema | Tujuan Pembelajaran |
|---|---|
| Keutamaan Membaca Al-Qur’an | Siswa memahami hadis tentang pahala membaca Al-Qur’an dan mempraktikkan membaca surah pilihan dengan tartil |
| Menghafal Al-Qur’an | Siswa mampu menghafal Surah Al-Ghasyiyah dengan lancar dan mengerti makna umum dari surah tersebut |
| Adab terhadap Al-Qur’an | Siswa memahami dan menerapkan adab membaca, menyimpan, dan memperlakukan Al-Qur’an |
| Hadis tentang Akhlak Mulia | Siswa bisa menjelaskan isi hadis-hadis tentang kejujuran, kasih sayang, dan sopan santun |
| Al-Qur’an sebagai Petunjuk Hidup | Siswa menjelaskan bahwa Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup manusia dalam berbagai aspek kehidupan |
Silahkan Unduh Modul Ajar/RPP pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini, lalu sesuaikan dengan kearifan lokal daerah masing-masing. sebelum mendownload silahkan beri dukungan kepada saya agar bisa lebih bersemangat mengupdate Blog tentang pendidikan.
LINK SUPORT / DUKUNGAN : KLIK DISINI
Modul Ajar Al-Qur'an Hadis Kelas 6 SD
Semoga Bermanfaat, jangan lupa Suport dan dukung kami KLIK DISINI
