Alur dan Tujuan Pembelajaran Kelas 2 SD

 
Alur dan Tujuan Pembelajaran Kelas 2 SD dalam Kurikulum Merdeka. Materi ini mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) Fase A, yang mencakup Kelas 1 dan 2 SD.


✅ 1. Pengertian Alur dan Tujuan Pembelajaran

🔹 Alur Pembelajaran

Alur Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dari yang sederhana ke kompleks, guna mencapai Capaian Pembelajaran dalam satu fase.

Alur berfungsi untuk:

  • Menjadi kerangka kerja pembelajaran dalam satu semester atau tahun ajaran,
  • Memastikan progresi kompetensi murid.

🔹 Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran adalah sasaran capaian dari proses pembelajaran dalam 1 atau beberapa pertemuan. Setiap tujuan:

  • Memuat kata kerja operasional (mengamati, menceritakan, menulis, menyusun, dll),
  • Mencerminkan konten pembelajaran dan kompetensi murid.


✅ 2. Karakteristik Alur & Tujuan Pembelajaran di Kelas 2 SD

  • Mengembangkan kemampuan dasar literasi dan numerasi secara berkelanjutan dari kelas 1.
  • Mengedepankan konteks nyata, kegiatan bermain, eksplorasi, bercerita, dan berkarya.
  • Memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi dan inklusif.


✅ 3. Contoh Alur dan Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Kelas 2 SD

🌟 A. Bahasa Indonesia Kelas 2

Capaian Pembelajaran (CP):

Siswa mampu memahami dan menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan pengalaman, pendapat, serta gagasan secara lisan dan tulis sesuai konteks.

🔸 Contoh Alur Pembelajaran:

  1. Membaca teks pendek tentang kegiatan sehari-hari.
  2. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
  3. Menyampaikan pengalaman secara lisan.
  4. Menulis kalimat sederhana tentang keluarga.

🔸 Contoh Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat membaca teks naratif pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan kalimat sederhana.
  • Siswa dapat menyusun 3–5 kalimat tentang kegiatan di rumah.


🌟 B. Matematika Kelas 2

Capaian Pembelajaran (CP):

Siswa dapat memahami dan menggunakan bilangan, operasi hitung, dan pengukuran sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

🔸 Contoh Alur Pembelajaran:

  1. Menghitung bilangan sampai 100.
  2. Menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan.
  3. Memahami satuan waktu (hari, minggu, bulan).
  4. Menggunakan penggaris untuk mengukur benda.

🔸 Contoh Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menjumlahkan bilangan dua digit dengan benar menggunakan alat bantu.
  • Siswa dapat mengukur panjang benda menggunakan penggaris satuan cm.
  • Siswa dapat membaca kalender dan menyebutkan hari dan tanggal dengan benar.


🌟 C. PPKn Kelas 2

Capaian Pembelajaran (CP):

Siswa mampu menunjukkan sikap dan tindakan sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

🔸 Contoh Alur Pembelajaran:

  1. Mengenal lambang negara dan Pancasila.
  2. Menyebutkan makna sila-sila Pancasila.
  3. Menunjukkan sikap hidup rukun dan gotong royong.

🔸 Contoh Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan lima sila Pancasila secara urut.
  • Siswa dapat memberi contoh sikap gotong royong di sekolah dan rumah.


✅ 4. Struktur Penulisan Alur dan Tujuan

NoAlur PembelajaranTujuan Pembelajaran
1Membaca cerita anakSiswa membaca dan memahami isi cerita
2Mengamati benda sekitarSiswa menuliskan 3 benda yang dilihat dan fungsinya
3Diskusi kelompokSiswa dapat menyampaikan pendapat dengan sopan

✅ 5. Prinsip Penyusunan Alur dan Tujuan Pembelajaran

  • Bertahap dan Progresif: Dari yang sederhana ke kompleks.
  • Konstekstual: Disesuaikan dengan lingkungan dan pengalaman nyata anak.
  • Berpusat pada murid: Memungkinkan anak aktif secara kognitif, sosial, dan emosional.
  • Fleksibel dan Adaptif: Bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan kelas.
  • Mendukung Profil Pelajar Pancasila: Mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dll.


🔚 Penutup

Alur dan Tujuan Pembelajaran Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka membantu guru mengarahkan proses belajar agar bermakna, menyenangkan, dan sesuai perkembangan anak. Dengan penyusunan yang baik, guru dapat lebih mudah:

  • Menyusun modul ajar,
  • Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi,
  • Melakukan asesmen formatif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama